Virus Corona

16 WNI Asal Sulsel yang Dikarantina di Natuna karena Virus Corona Akan Pulang Kampung Sabtu Besok

16 WNI Asal Sulsel yang dikarantina karena Virus Corona akan pulang kampung Sabtu besok

16 WNI Asal Sulsel yang Dikarantina di Natuna karena Virus Corona Akan Pulang Kampung Sabtu Besok
ANTARA FOTO/KEMENTERIAN LUAR NEGERI
Petugas medis mengarahkan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang telah disemprot cairan disinfektan setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 WNI dari Wuhan tersebut selanjutnya dipindahkan ke Natuna untuk menjalani observasi selama kurang lebih dua minggu guna memastikan kesehatannya dan terbebas dari virus corona. 

NATUNA, TRIBUN-TIMUR.COM - Sebanyak 16 WNI asal Sulsel yang sebelumnya dipulangkan dari China, lalu dikarantina di Pulau Natuna, akan kembali ke Sulsel, Sabtu (15/2/2020).

Mereka adalah bagian dari 238 WNI yang dikarantina untuk mencegah penularan Virus Corona.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr Achmad Yurianto mengatakan, sudah diputuskan bahwa observasi WNI dari Wuhan yang saat ini tinggal di Natuna akan berakhir pada tanggal 15 Februari 2020, pukul 12.00.

"Rencananya pada jam 7 pagi dari Jakarta menuju Natuna akan berangkat 3 pesawat TNI AU, terdiri dari 2 boeing 737 dan 1 Hercules. Ini adalah sejumlah pesawat yang sama pada waktu menjemput mereka dari Batam ke Natuna,” katanya, Kamis (13/2/2019).

Rencananya Menkes, Menko PMK, Kepala BNPB dan beberapa pejabat lain akan ikut menjemput ke Natutna.

Warga yang diobservasi sebagian besar adalah mahasiswa dari 30 provinsi (perempuan 158 orang , laki-laki 80 orang) dengan usia termuda 5 tahun dan usia tertua 64 tahun, beserta tim KBRI 5 orang, tim penjemput 24 orang, dan crew Batik Air 18 orang.

“Data yang kami miliki saudara-saudara kita yang sebagian besar mahasiswa itu berasal dari 30 provinsi sebarannya paling banyak adalah Jawa Timur 68 orang, Lampung 1 orang, Jakarta 12 orang, Aceh 13 orang, Papua 8 orang, Papua Barat 6 orang, dan seterusnya,” ucap dr Yuri.

Adapun data rincian ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan itu di antaranya:

* Aceh 13 orang,

* Bali 2 orang,

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved