Lantamal VI Makassar

Kenang Pertempuran Laut Arufu, Lantamal VI Makassar Gelar Upacara Pengibaran Bendera

Upacara yang di tandai dengan pengibaran bendera Merah Putih itu berlangsung di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Makassar, Selasa (1

Muslimin Emba/Tribun Timur
Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar menggelar upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2020, di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Makassar, Selasa (15/01/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar menggelar upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2020. 

Upacara yang di tandai dengan pengibaran bendera Merah Putih itu berlangsung di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Makassar, Selasa (15/01/2020).

Dalam rilis yang dikirim Kadispen Lantamal VI Kapten Laut Suparman Sulo,
Upacara yang dipimpin Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas itu untuk mengenang pertempuran di laut Arafuru.

Amanat KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang dibacakan Hanarko Djodi Pamungkas, mengatakan pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 itu merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia.

Pertempuran itu dibawah kendali kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

"Sebagai prajurit laut, Komodor Yos Sudarso menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut, ujar Hanarko Djoji Pamungkas saat membacakan amanat KASAL.

Lebih lanjut dikatakan, pertempuran yang dihadapi saat ini dalam mewujudkan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak banyak berubah.

Namun, hanya menunjukkan karakter pertempuran yang berbeda segala tantangan menyangkut batas laut teritorial NKRI menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut.

Oleh sebab itu, kata dia, nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut tersebut wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini.

Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar menggelar upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2020, di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Makassar, Selasa (15/01/2020).
Jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar menggelar upacara peringatan hari Dharma Samudera Tahun 2020, di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Jl Yos Sudarso, Makassar, Selasa (15/01/2020). (Muslimin Emba/Tribun Timur)

"Yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan," tegas Hanarko.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, dan jajara pejabat Lantamal VI lainnya. (*)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Makassar:

(*)

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved