PKPM Luwu Timur

PKPM Lutim Bimbing BKAD di Wasuponda Kelola BUMDesma

Pengelola BUMDesma yang direkrut nantinya adalah warga Desa Matano,Parumpanai, dan Desa Kawata

PKPM Lutim Bimbing BKAD di Wasuponda Kelola BUMDesma
PKPM Wasuponda/A Saiful S
Kegiatan Bimtek pengelolaan BUMDesma yang digelar tim Commit dan tim PKPM Kawasan 8 itu dilaksanakan di Lingkungan Laroeha, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Senin (13/1/2020) 

UNTUK mendukung pengelolaan potensi desa dan perekonomian desa yang mandiri, tim Community Initiative for Transformation (Commit) atau konsultan Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) Kabupaten Luwu Timur menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di Kecamatan Wasuponda. 

Kegiatan Bimtek pengelolaan BUMDesma yang digelar tim Commit dan tim PKPM Kawasan 8 dilaksanakan di Lingkungan Laroeha, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda,  Kabupaten Luwu Timur, Senin (13/1/2020)
Kegiatan Bimtek pengelolaan BUMDesma yang digelar tim Commit dan tim PKPM Kawasan 8 dilaksanakan di Lingkungan Laroeha, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Senin (13/1/2020) (PKPM Wasuponda/A Saiful S)

Bimtek itu terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) di kawasan 8 PKPM yang mencakup tiga desa yaitu  Desa Kawata, Desa Paraumpanai (Kecamatan Wasuponda), dan Desa Matano (Kecamatan Nuha).   

Kawasan 8 PKPM adalah kawasan Pengembangan Peternakan dan Pengolahan Hasil Hutan Non Kayu. Total ada sembilan kawasan dalam PKPM yang merangkul 10 kecamatan di Luwu Timur.    

PT Vale Melalui Program PKPM Serahkan Bantuan Pertanian di Desa Parumpanai

Kegiatan Bimtek pengelolaan BUMDesma yang digelar tim Commit dan tim PKPM Kawasan 8 itu dilaksanakan di Lingkungan Laroeha, Desa Parumpanai, Kecamatan Wasuponda,  Kabupaten Luwu Timur, Senin (13/1/2020). 

Peserta kegiatan adalah anggota Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) PKPM. Ketua Tim Commit PKPM, Jumardi, mengatakan keberhasilan suatu usaha ditentukan manajemen atau tata kelolanya. 

Pengelola BUMDesma yang direkrut nantinya adalah warga Desa Matano,Parumpanai, dan Desa Kawata. “Untuk itu pengelola yang direkrut harus orang yang memiliki latar pendidikan yang memadai dan memiliki pengalaman dalam usaha atau berjiwa bisnis,” ujar Jumardi. 

PT Vale Paparkan Implementasi PKPM di Rakornas Perdesaan

Bimtek diikuti peserta dengan antusias. Sejumlah pertanyaan dilontarkan kepada pemateri terkait pendirian dan pengelolaan BUMDesma. 

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WITA hingga 15.00 WITA. Bimtek dibuka dan ditutup oleh tim PKPM Kecamatan Wasuponda, Hamzah P.(*)

 Citizen reporter

A Saiful S
A Saiful S (dok pribadi)

A Saiful S

Tim PKPM Wasuponda

melaporkan dari Laroeha, Desa Parumpanai, Luwu Timur

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved