OPINI

Kota Konya dan Jejak Cinta Jalaluddin Rumi

Kami (tim peneliti “Moderasi Beragama” Program Litbang Kemenag Pusat) berjalan menuju stasiun tramvay untuk kembali mengunjungi area sekitar Museum Ja

Kota Konya dan Jejak Cinta Jalaluddin Rumi
Citizen Reporter
Foto bersama dengan Esin Celebi Bayru, generasi ke 22 Rumi, di International Mevlana Foundation, Kota Kenya, Turki. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Matahari yang bersinar sangat cerah membuat suhu dingin kota Konya melunak dan menjadi begitu bersahabat dengan pejalan kaki yang keluar rumah untuk beraktifitas weekend.

Kami (tim peneliti “Moderasi Beragama” Program Litbang Kemenag Pusat) berjalan menuju stasiun tramvay untuk kembali mengunjungi area sekitar Museum Jalauddin Rumi.

Seperti kemarin, area sekitar depan masjid Sultan Selim dipadati pengunjung yang sibuk berfoto atu selfi dengan latar belakang mesjid Mevlana Turbesi (Turban Mawlana) dari Museum Jalaluddin Rumi.

Kami menelusuri jalan di depan perpustakaan Yusuf Aga, berbelok di pojok, melewati pintu masuk ke museum Jalaluddin Rumi, dan berhenti tidak jauh dari situ.

Di bagian depan bangunan yang berbentuk rumah tinggal itu tertulis INTERNATIONAL MEVLANA FOUNDATION.

Hati berdebar. Di tempat inilah kami berharap dapat bertemu dengan Esin Celebi Bayru, keturunan biologis (generasi ke 22) dari Mawlana Jaluddin Rumi, Sufi besar, spiritual poet, penulis masterpiece The Mathnawi yang dampaknya mendunia, Diwan Syams Tabriz yang menebar candu cinta, dan karya-karya besar lainnya.

Inilah agenda utama kami hari ini, tapi kunjungan ini dilakukan tanpa penjadwalan sehingga wajar saja kalu kami harap-harap cemas.

Mahasiswa yang memandu kami masuk terlebih dahulu dan tidak lama kemudian keluar lagi dan memanggil kami semua untuk masuk.

Kami dipersilahkan menunggu dalam sebuah ruangan yang dikelilingi sofa tamu dengan dinding yang memajang kaligrafi- kaligrafi indah serta karya-karya seni lainnya yang tidak kalah memukau.

Tidak lama kami menunggu, masuklah seorang ibu berusia sekitar 70-80-an mengenakan blazer panjang berwarna biru terang, berkulit putih bersih dengan rambut warna keperakan.

Halaman
1234
Penulis: CitizenReporter
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved