Pilkada Luwu Timur 2020

Panwascam Diminta Jaga Integritas di Pilkada Luwu Timur 2020

Panwascam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2020 sudah dilantik di Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili

Panwascam Diminta Jaga Integritas di Pilkada Luwu Timur 2020
TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Panwascam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2020 sudah dilantik di Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Minggu (22/12/ 2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Sebanyak 33 pengawas kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2020 sudah dilantik di Hotel I Lagaligo, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Minggu (22/12/ 2019).

Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja mengatakan Panwascam yang dilantik dan diambil sumpahnya berjumlah 33 orang tersebar di 11 kecamatan.

"Panwascam yang dilantik adalah orang-orang terbaik merupakan hasil dari seleksi yang ketat," kata Rahman kepada TribunLutim.com, Senin (23/12/2019).

Sementara Bupati Luwu Timur, Thorig Husler berharap pelaksanaan Pilkada dapat berjalan aman tanpa ada kendala yang berarti.

"Saya perlu ingatkan pengawasan yang baik terhadap Pemilu berarti menjaga integritas Pemilu yang berkualitas," tutur Husler.

"Diperlukan sebuah instrumen pengawasan yang mampu memberikan jaminan legitimasi demokratis dari pelaksanaan Pemilu," imbuhnya.

Menurutnya, pengawas Pemilu memiliki tugas dan kewenangan yang lebih kompleks dan memiliki tugas khusus untuk melakukan Pengawasan Pemilu.

Ia menambahkan, tidak hanya punya kewenangan untuk mengawasi proses penyelenggaraan di tiap tahapan Pemilu.

Namun pengawas Pemilu juga punya kewenangan menyatakan kesahan dan keabsahan dari tahapan Pemilu.

"Sejak proses persiapan sampai proses penetapan hasil Pemilu," kata Husler.

Ia berharap kepada panwascam dapat mewujudkan Pemilu yang berintegritas menjalin sinergi dengan pemerintah di seluruh tingkatan, aparat keamanan dan instansi yang terkai.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved