Penerimaan Mahasiswa Baru 2020

Unhas Belum Rampungkan Kuota SNMPTN 2020, Ini Penjelasan Wakil Rektor

Meski secara resmi telah dibuka, sejumlah kampus negeri di kota Makassar belum merampungkan kuota penerimaan jalur SNMPTN ini.

Unhas Belum Rampungkan Kuota SNMPTN 2020, Ini Penjelasan Wakil Rektor
sukmawati/tribun-timur.com
Suasana Verifikasi Data Akademik Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Unhas 2019. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) telah resmi dibuka pada awal Desember 2019 ini.

Para calon mahasiswa pun sudah bisa mendaftarkan diri melalui registrasi secara online.

Meski secara resmi telah dibuka, sejumlah kampus negeri di kota Makassar belum merampungkan kuota penerimaan jalur SNMPTN ini.

Universitas Hasanuddin (Unhas), misalnya, sebagai salah satu perguruan tinggi favorit ini belum memastikan jumlah kuota SNMPTN yang akan diterima.

"Belum difinalisasi biasanya nanti di Januari kita rapatkan bersama baru ditetapkan," ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik Unhas, Prof Muh Restu, saat dikonfirmasi, Selasa (10/12/2019).

Prof Restu menambahkan bahwa penentuan penerimaan jumlah ini menunggu daftar dari Prodi yang ada.

"Untuk kuota SNMPTN yang menentukan memang pihak kampus langsung jadi kami tunggu data dari Prodi, tapi secara keseluruhan tetap sama dengan SNMPTN tahun lalu yakni kuotanya itu 30 persen dari total mahasiswa yang akan diterima," terangnya.

Sebelumnya proses penjaringan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau SNMPTN 2020 telah dibuka.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) tahun 2020 diakses melalui registrasi akun LTMPT ( Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ).

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi PTN berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya sesuai yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya ditanggung oleh pemerintah.

Setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmp t.ac.id.

Waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua, yaitu untuk PDSS dan SNMPTN, dilaksanakan mulai tanggal 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020.

Sementara registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan tanggal 7 Februari - 5 April 2020.

Nah, sebelum pendaftaran SNMPTN 2020 dibuka, ada baiknya mencari tahu informasi perguruan tinggi negeri yang akan dipilih.

Penulis: Alfian
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved