PKPM Luwu Timur

PKPM Lutim Pantau Program Pengembangan Mangrove di Pesisir Malili, Ini Videonya

Monitoring dilakukan untuk melihat perkembangan bibit mangrove yang telah ditanam. Dari pantauan ditemukan mangrove yang diserang hama tiram sehingga

citizen report

Andi Narwis

Pendamping PKPM Lutim Bidang Keuangan dan Monev

Melaporkan dari Kecamatan Malili, Luwu Timur

Pendamping Program PKPM Lutim, Andi Narwis
Pendamping Program PKPM Lutim, Andi Narwis (ist)

TIM Koordinasi Kabupaten Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale Indonsia, Sorowako, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), melakukan monitoring Program Penanaman Mangrove di wilayah Kecamatan Malili, Kamis (5/12/2019).

Lokasi yang dikunjungi adalah Kawasan Pengembangan Pesisir dan Industri Olahan laut PKPM di Kecamatan Malili. Kawasan PKPM di Malili ini meliputi Desa Harapan, Pasi-pasi, Wewangiru, dan Balantang.

Tim PKPM Wasuponda Apresiasi Pengadaan Padi Organik Desa Parumpanai

Monitoring ke lokasi program penanaman mangrove yang digelar tim tersebut menggunakan perahu kayu bermotor ukuran sedang menyusuri Sungai Malili ke kawasan program penanaman mangrove.

Monitoring dilakukan untuk melihat perkembangan bibit mangrove yang telah ditanam. Dari pantauan ditemukan mangrove yang diserang hama tiram sehingga mengganggu tumbuh kembang mangrove.

Lokasi mangrove yang terserang hama tiram itu ditemukan di Nipa-nipa, Desa Balantang. Langkah sementara yang diambil tim PKPM di kawasan ini yaitu mensterilkan lokasi penanaman dan tidak ditanami sementara bibit mangrove.

Tim PKPM Verifikasi Usulan Desa Laskap dan Pongkeru

Kegiatan ini diikuti tim koordinasi kabupaten, Pak Manase, pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lutim, Andi Muzakkir, pejabat Dinas Lingkungan Hidup Lutim, Pak Fikri, dan unsur masyarakat, Hasruddin.

Perwakilan Kecamatan Malili, ibu Masrura, perwakilan PT Vale, Iskandar dan Ichman, dan  perwakilan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) pesisir, Taslim, dan Andi Syarifuddin, turut bersama melakukan kegiatan monitoring penanaman bibit mangrove.

Selain itu, hadir pula sejumlah pelaksana kegiatan dari sketsa dan pendamping program kawasan PKPM, Alwi Chaidir, Jois Andi Baso, dan Masnur. (*)

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved