PKPM Luwu Timur

Tim PKPM Verifikasi Usulan Desa Laskap dan Pongkeru

Verifikasi ini berlangsung Hari Selasa (3/12/219) di Desa laskap dan Pongkeru yang merupakan dua desa yang masuk Kawasan Penunjang Pertanian

Tim PKPM Verifikasi Usulan Desa Laskap dan Pongkeru - verfikasi-usulan-desa.jpg
Andi Narwis
Kegiatan verifikasi usulan program desa yang digelar pendamping Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) Kabupaten Luwu Timur, Selasa (3/12/219), di Desa laskap dan Pongkeru.
Tim PKPM Verifikasi Usulan Desa Laskap dan Pongkeru - verifikasi-usulan-desa-di-malili.jpg
Andi Narwis
Kegiatan verifikasi usulan program desa yang digelar pendamping Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) Kabupaten Luwu Timur, Selasa (3/12/219), di Desa laskap dan Pongkeru.

Andi Narwis

Pendamping PKPM Lutim Bidang Keuangan dan Monev

Melaporkan dari Kecamatan Malili, Luwu Timur

Pendamping Program PKPM Lutim, Andi Narwis
Pendamping Program PKPM Lutim, Andi Narwis (ist)

KEGIATAN verifikasi usulan program desa merupakan tahapan paling penting yang dilakukan pendamping Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) Kabupaten Luwu Timur.

Verifikasi ini berlangsung Hari Selasa (3/12/219) di Desa laskap dan Pongkeru yang merupakan dua desa yang masuk Kawasan Penunjang Pertanian dan Perkebunan PKPM di Kecamatan Malili.

Hadir tim verifikasi, beberapa perwakilan masyarakat, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), PT Vale Indonesia Tbk, pendamping program, dan tim koordinasi.

VIDEO: Pelaku PKPM Luwu Timur Belajar Fotografi dan Video

Mereka antara lain Tim Verifikasi, Manase, Tim Koordinasi Kabupaten, Senfty Octovianus, Dinas Pertanian, Burhanuddin, serta dari manajemen PT Vale Indonesia, Iskandar.

Salah satu usulan prioritas kawasan penunjang  tersebut adalah pembangunan irigasi pertanian. Saat ini ada dua opsi yang memungkinkan dilaksanakan yaitu sistem pompanisasi dan sistem grafitasi dengan memanfaatkan air Sungai Pongkeru.

Salah seorang petani yang juga Kepala Dusun Hulupadang, Desa Pongkeru, Iccang, mengaku selama ini petani di daerahnya kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan tanaman padi di persawahan.

“Karena sawah kami hanya sawah tadah hujan sedangkan di sekitar kami ada sumber air yang dapat dimanfaatkan (sungai)," tutur Iccang yang ikut verifikasi usulan desa.

VIDEO: Apa Itu PKPM dan Manfaatnya untuk Warga Luwu Timur? Ini Penjelasan Wabup Irwan Bachri Syam

Usulan program kawasan penunjang merupakan usulan perdana tahun 2019. Sejumlah desa/kelurahan di Kecamatan Malili masuk dalam tiga kawasan PKPM Luwu Timur.

Tiga kawasan terebut meliputi kawasan Pengembangan Pesisir dan Industri Olahan Hasil Laut, Kawasan Pengembangan Layanan Jasa dan Perkotaan, serta Kawasan Pengembangan Pertanian Peternakan dan Penunjang Kawasan.

Program PKPM adalah salah satu program inovasi PT Vale Indonesia yang melanjutkan program pengembangan desa sebelumnya.

PKPM merupakan program kemitraan antara masyarakat, pemerintah daerah, dan PT Vale Indonesia dalam jangka waktu lima tahun (2018-2023) yang diluncurkan Mei 2019 di Hall Taman Antar Bangsa (TAB) Sorowako, Luwu Timur.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved