Dinas PMD Sulsel

Provinsi Sulawesi Selatan Targetkan Penurunan Angka Stunting

Dalam upaya percepatan pencegahan stunting di Sulawesi Selatan, Dinas PMD Prov Sulsel menggelar Bimtek

Provinsi Sulawesi Selatan Targetkan Penurunan Angka Stunting
Dinas PMD Sulsel
Dalam upaya percepatan pencegahan stunting di Sulawesi Selatan, Dinas PMD Prov Sulsel menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemberdayaan Keluarga dan Pelayanan Dasar selama 3 hari dari tanggal 20-22 Nopember 2019 di Hotel Ibis Style Makassar. 

Dalam upaya percepatan pencegahan stunting di Sulawesi Selatan, Dinas PMD Prov Sulsel menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemberdayaan Keluarga dan Pelayanan Dasar selama 3 hari dari tanggal 20-22 Nopember 2019 di Hotel Ibis Style Makassar.

 Kegiatan ini juga di hadiri oleh Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Prov. Sulsel Prof. Veni Hadju, M.Sc.Phd yang juga selaku Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Dia menjelaskan bahwa stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, jumlah balita stunting Kabupaten Bone 37,3 % dan Kabupaten Bulukumba 36,2 %. Ia menambahkan, adapun strategi penanggulangan percepatan pencegahan stunting melalui komitmen dari Kepala Daerah. Kampanye pada pemahaman perubahan perilaku konvergensi dan konsultasi program mendorong kebijakan Nutritional Food Security serta evaluasi dan pemantauan.

Hal tersebut juga senada dengan penyampaian dari Kepala Bidang Kelembagaan dan Sosial Budaya Ibu Gemala Faoza, S.STP., MM bahwa penurunan tingkat stunting di provinsi Sulawesi Selatan di tiap tahunnya menargetkan dari 32,4% di tahun 2019 menjadi 29,2% di tahun 2020 sehingga pada tahun 2023, tingkat penurunan stunting menjadi 19,5%. Target ini dapat diperoleh dengan adanya dukungan dari seluruh pemangku kebijakan mulai dari Pimpinan Daerah hingga Kepala Desa dalam hal ini mengalokasikan sebagian pengelolaan Dana Desa dalam pencegahan stunting diwilayahnya.

Bimbingan Teknis tersebut di dikuti oleh sejumlah Kepala Desa dan Kader Posyandu Kab. Bone dan Bulukumba.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved