Tribun Bone

Aliansi Masyarakat Bone Bakal Aksi Damai Tewasnya Andi Lolo di Kampus UMI, Dewan Adat Mendukung

Selain itu selaku Tokoh Pemuda Bone, Puang One sapaan karibnya juga menghimbau, masyarakat yang akan melakukan aksi agar tidak mudah terprovokasi

Penulis: Justang Muhammad | Editor: Imam Wahyudi
justang/tribunbone.com
Dewan Adat Bone, Andi Baso Bone Mappasissi (tengah) 

TRIBUNBONE.COM, WATAMPONE - Aliansi Masyarakat Bone bakal melaksanakan aksi damai atas kematian Andi Fredi Akirmas (21), mahasiswa Fakultas Hukum di Makassar, Kamis (21/11/2019) besok.

Hal itupun mendapat dukungan dari Dewan Adat Bone.

Namun, itu ditegaskan sebagai aksi damai dan tidak untuk lainnya.

Aksi solidaritas tersebut diberi nama "Mappatettong Siri".

Dewan Adat Bone, Andi Baso Bone Mappasissi mengatakan menyikapi kejadian yang terjadi di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) kelompok masyarakat pemuda Bone berencana melakukan sebuah aksi damai.

UMI Liburkan Perkuliahan 4 Hari, Dampak Penyerangan Kampus

"Saya mendukung keinginan mereka karena aksi tersebut aksi damai, dan bertujuan menyelesaikan masalah ini secara damai," kata tokoh pemuda Bone dalam rilisnya kepada tribunbone.com, Rabu (20/11/2019).

Kata dia, orang Bone tidak menginginkan konflik itu, begitupun juga dengan yang lain.

Dia meyakini semua pihak menginginkan permasalahan ini tidak berlarut.

"Kami percaya terhadap hukum, dan saya yakin aparat juga bisa memahami permintaan tuntutan ini," tambahnya.

Selain itu selaku Tokoh Pemuda Bone, Puang One sapaan karibnya juga menghimbau, masyarakat yang akan melakukan aksi agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang ada.

Kemudian, mengharapkan kepada kelompok pemuda dan mahasiswa agar mampu menyikapi undangan-undangan untuk melakukan aksi, agar tidak terpecah belah di mana aksi tersebut berjalan dengan damai dan kondusif.

2 Tersangka Penganiaya Mahasiswa Fakultas Hukum UMI Andi Fredi Akirmas Ternyata Konsumsi Narkoba

"Kita juga menyarankan pemerintah Kabupaten Bone agar bersikap, serta memediasi khususnya pemuda Bone dengan pihak kampus," ucapnya.

Ketua Federasi Mountainering Indonesia, Lilo yang juga merupakan Wija to Bone sekaligus bergelut dengan dunia kepecintaan alaman berduka atas meninggalnya Andi Lolo, sapaan Andi Fredi Akirmas. Dan juga bersedih ketika melihat rumah Mapala UMI terbakar.

"Saya tetap orang Bone, sifat solidaritas sesama pecinta alam juga ada. Namun saya menginginkan adanya tokoh yang bisa menjadi penengah untuk mengakhiri konflik yang tidak ada ujungnya ini, karena yang menjadi ketakutan kami nasib adik-adik yang lain yang kuliah di Makassar. Konflik ini harus berakhir," tegasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved