Gubernur Sulbar Tinjau Lokasi Budidaya Serei Wangi di Sumarorong Mamasa

Perkebunan budidaya Serei Wangi di Kecamatan Sumarorong dikelolah oleh PT. Kencanah Hijau Bina Lestari (KHBL) bersama masyarakat.

Gubernur Sulbar Tinjau Lokasi Budidaya Serei Wangi di Sumarorong Mamasa
nurhadi/tribunmamuju.com
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Forkopimda dan sejumlah kepala OPD tinjau perkebunan budidaya Serei Wangi di Sumarorong Mamasa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, tinjau lahan budidaya Serai Wangi di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa.

Perkebunan budidaya Serei Wangi di Kecamatan Sumarorong dikelolah oleh PT Kencana Hijau Bina Lestari (KHBL) bersama masyarakat.

Kunjungan Gubernur Sulbar bersama Wakajati Yulianto, Dan Lanal Letkol Marinir Laode Jimi Herisal R dan sejumlah kepada OPD untuk melihat perkembangan budidaya Serei Wangi.

Ingin Revans Lawan PSM, Wasyiat Cs Akan Bermain Agresif di Tuah Pahoe

Lahan budidaya tanaman serai wangi disediakan oleh Pemprov Sulbar seluas 10 Ha. Namun baru sekitar 4 ha lebih yang ditanami.

Hanya saja tanaman yang memiliki 33 variates ini belum tumbuh subur tempat tersebut.

"Ini sebetulnya kalau lahannya bagus akan lebih subur dari ini. Apalagi bibit-bibit ini unggul yang harga 600 rupiah per bibit,"kata Konsultan Perusahaan KHBL Serie Wangi, Rita Kartika Sari, saat diwawancarai awak media, Kamis (7/11/2019).

Ingin Revans Lawan PSM, Wasyiat Cs Akan Bermain Agresif di Tuah Pahoe

Rita Kartika mengtakan, serai wangi tersebut mulai ditanam pada 12 Juni 2019 kemarin. Normalnya, jika tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik, maka dalam setahun daunnya sudah dapat dipanen sebanyak tiga kali.

"Kalau tumbuh subur, itu enam bulan pertama bisa kita panen daunnya. Terus tiga bulan berikutnya kita bisa panen lagi. Nah tiga bulan selanjutnya lagi kita bisa panen daun dan kita bisa bongkar. kita bongkar dapat bibitnya dan bisa jadi sumber bibit,"ujarnya.

Disdukcapil Kota Parepare Raih Penghargaan Sangat Baik A dari Kemenpan RB, Lakukan Inovasi Ini?

Guberur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, budidaya tanaman tersebut sebagai bahan percobaan. Jika berhasil, nantinya bibit serai wangi akan dibagi-bagikan ke bebebrapa daerah di Mamasa untuk dikembangkan.

"Setaleh daerah yang mendapat bagian mengembangkan itu dan sudah banyak, barulah diupayakan penyulingan untuk pengembangan pengelolaah serai wangi di Sulbar,"tuturnya.

Musim Rendengan, Petani Desa Panaikang Pangkep Gelar Musyawarah Mappalili

Lantik Pengurus Dewan Masjid Mamasa, Begini Harapan Gubernur Sulbar

Halaman
123
Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved