Pesona Desa

Musim Rendengan, Petani Desa Panaikang Pangkep Gelar Musyawarah Mappalili

Mappalili adalah sebuah acara adat yang dilakukan di beberapa kecamatan atau kabupaten di Pangkep sebagai ritual sebelum para petani turun ke sawah

Musim Rendengan, Petani Desa Panaikang Pangkep Gelar Musyawarah Mappalili
Nurjannah
Petani Desa Panaikang Pangkep Gelar Musyawarah Mappalili 

Citizen Reporter
Nurjannah
Operator Desa Panaikang
Melaporkan dari Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP - Desa Panaikang kembali menggelar musyawarah turun sawah untuk musim rendengan (masa bercocok tanam pada saat musim hujan).

Mappalili adalah sebuah acara adat yang dilakukan di beberapa kecamatan atau kabupaten di Pangkep sebagai ritual sebelum para petani turun ke sawah untuk menanam padi.

Pesan Menkominfo Johny G Plate untuk Diskominfo Luwu Timur

Musyawarah Mappalili (Rendengan) diadakan di Baruga Sayang, Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Rabu (06/11/2019)

Musyawarah ini dihadiri oleh Kepala Desa Panaikang, Koordinator PPL BPP Minasatene, Perwakilan Kepala Dinas Pertanian, Petugas PPT, PPL Desa Panaikang, Ketua Gapoktan, BPD, Dusun, RK dan RT.

H. Andi Faisal, SP selaku perwakilan dari dinas pertanian mengatakan tujuan mappalili adalah berdoa supaya hujan cepat turun. Dan juga perlu kekompakan dalam hal turun sawah.

UNM Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan 2019, Kuota Hanya 475, Begini Prosedurnya?

Benih padi untuk warga desa panaikang sudah disediakan yaitu benih Mekongga, dan harus disampaikan kepada distributor jangan sampai benih sudah ada sementara pupuk belum tersedia. Ujar H. Andi Faisal, SP

Adapun varietas yang dianjurkan Musim Tanam Rendengan yaitu : Cisantana, Cigelis Banyuasin, Impari 4, 7, 9, 16, 30, 32 & 34.

Jenis hama dan penyakit pada tanaman padi sawah :
Jenis Hama (keong emas, ulat, walang sangit, wereng, kepik daun, tukus dan lain-lain)
Jenis Penyakit (bercak daun coklat, penyakit blas, hawar pelepah, penyakit busuk batang dan lain-lain).

Tanggapan dari beberapa kelompok tani
- Mukhtar Usman (Mantan Kepala Desa Panaikang periode 2006 - 2017) mengatakan "jika menentukan jadwal turun sawah harus disertai dengan alasan"
- Darwis selaku Imam Kampung di Desa Panaikang "jangan mengacu pada satu angka tapi satu dekade karena kita mengikut pada curah hujan"

Adapun hasil akhir dari musyawarah ini adalah jadwal hambur benih padi pada tanggal 20 s/d 30 November 2019 dan jadwal tanam tanggal 10 Desember 2019.
Adapun sanksi bagi anggota kelompok tani yang melanggar adalah tidak mendapat bantuan apapun yang berkaitan dengan pertanian padi dan dikeluarkan dari anggota kelompok tani.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved