Pengangguran di Sulbar Didominasi Lulusan SMA dan SMK

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat Win Rizal mengatakan, hal ini berarti bahwa dari 100 penduduk usia kerja

Pengangguran di Sulbar Didominasi Lulusan SMA dan SMK
nurhadi/tribunmamuju.com
Kepala BPS Sulbar, Win Rizal 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di Provinsi Sulawesi Barat pada bulan Agustus 2019 sebesar 69,27 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat Win Rizal mengatakan, hal ini berarti bahwa dari 100 penduduk usia kerja, sekitar 69 orang tergolong angkatan kerja yaitu penduduk yang bekerja dan pengangguran.

VIDEO Kaesang Pangarep Main Bareng (Mabar) PUBG dengan Paspamres dan Youtuber BangPen, Hasilnya?

Sementara beber Win Rizal, jumlah penduduk yang sedang menganggur pada bulan Agustus 2018 sebanyak 21,06 ribu orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3,18 persen.

"Hal ini berarti bahwa dari 100 penduduk yang dikategorikan angkatan kerja, sekitar tiga orang diantaranya adalah pengangguran,"ujar Win Rizal di kantor BPS siang tadi.

KLHK Bakal Gelar Kokreasi Perhutsos di Lutra, Ini Jadwal dan Lokasinya

Dikatakan, lapangan usaha pertanian merupakan penyerap terbesar tenaga kerja di Sulawesi Barat.

"Pada bulan Agustus 2019, jumlah penduduk yang bekerja pada kategori ini sebanyak 297,37 ribu orang atau sebesar 46,35 persen dari jumlah penduduk yang bekerja,"katanya.

Win Rizal mengungkapkan, pekerja di Sulawesi Barat masih didominasi pekerja yang berpendidikan rendah (SMP ke bawah) yaitu sebanyak 406,50 ribu atau sekitar 63,36 persen.

Prostitusi Berkedok Warkop di Labuaja? Warga Lakukan ini ke DPRD Maros

Selanjutnya pekerja yang berpendidikan mengengah (SMA dan SMK) sebanyak 156,91 ribu orang atau 24,46 persen dan yang memiliki pendidikan tinggi (Diploma dan Sarjana) sebanyak 78,20 ribu orang atau 12,18 persen.

"Memang sih pengangguran kita masih relatif kecil. Kita jauh di bawah nasional yang 5 persen,"kata dia.

Bantah Bupati Takalar, Ombudsman Sulsel Tegaskan Tidak Pernah Rekomendasikan Demosi Kadisdukcapil

Namun kata Win Rizal jika melihat trend, dibandikan dengan Agustus 2018 lalu memang terjadi sedikit peningkatan, dimana pada Agustus 2018 sebesar 3,16 persen.

Halaman
123
Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved