DPR Apresiasi Mentan Syahrul YL Terkait Satu Data Pertanian

Sebagai langkah kongkrit, lanjut Syahrul, Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menetapkan fokus kerja pada dua hal.

DPR Apresiasi Mentan Syahrul YL Terkait Satu Data Pertanian
Kementan RI
DPR Apresiasi Mentan Syahrul Terkait Satu Data Pertanian 

TRIBUN-TIMUR.COM -  Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh anggota DPR di Komisi IV untuk menyelesaikan persoalan pertanian secara bersama-sama.

Langkah ini, kata Syahrul, perlu dikakukan secara berkelanjutan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia.

"Saya berharap kerjasama dengan DPR berlangsung masif. Sebab sektor pertanian adalah sektor yang menjadi kekuatan dan daya tahan sebuah negara. Saya juga memastikan bahwa kehadiran saya harus membawa tekad kuat agar pertanian ini menjadi lebih baik," ujar Mentan Syahrul dalam Rapat Kerja bersama DPR, Selasa (5/11).

Cerahkan Wajah Seperti Nagita Istri Raffi & Nia Ramadhani dengan 7 Masker Buah, Alpukat hingga Apel

Mamasa Butuh Penambahan Ambulans, Ini Alasannya

RAMALAN ZODIAK RABU 6 November 2019: Cancer Lagi Sedih & Keberuntungan Menyertai Taurus

Sebagai langkah kongkrit, lanjut Syahrul, Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menetapkan fokus kerja pada dua hal. Pertama adalah mengerjakan program prioritas pembangunan pertanian untuk 2020-2024 dan kedua merampungkan satu data pertanian.

"Giamana kita mau kerja kalau datanya saja tidak beres. Karena itu saya sudah mendatangi BPS, kemudian Kementerian ATR dan lembaga lain. Saya juga berharap tanggal 1 Desember nanti datanya sudah selesai. Saya kira ini perlu dikawal oleh DPR," katanya.

Setelah data pertanian rampung, Syahrul juga mengaku akan segera mengaktifkan War Room pertanian yang didesain modern melalui dukungan teknologi digitalisasi.

 Cerahkan Wajah Seperti Nagita Istri Raffi & Nia Ramadhani dengan 7 Masker Buah, Alpukat hingga Apel

 Mamasa Butuh Penambahan Ambulans, Ini Alasannya

 RAMALAN ZODIAK RABU 6 November 2019: Cancer Lagi Sedih & Keberuntungan Menyertai Taurus

War Room ini diharapkan mampu menyelesaikan berbagai persolan yang berkaitan dengan pembangunan pertanian.

"War Room ini bukan ruang perang secara harfiah. Namun merupakan penamaan untuk perang gagasan atau ruang diskusi atau ruang pengendalian serta update data pertanian," katanya.

Selanjutnya, program jangka panjang yang akan diterapkan Kementan adalah membangun Komando Strategi Pertanian (Kostra Tani) di seluruh Desa dan Kecamatan. Sistem ini merupakan sistem strategi pemerintah dalam memantau proses pembangunan pertanian, terutama yang berkaitan denhan penyediaan pangan.

"Dalam Kostra Tani ini peranan penyuluh sangatlah penting. Mereka adalah kopassus kita yang memiliki kekuatan intelektual untuk mendorong petani kita maju. Nantinya mereka juga akan dilengkapi dengan sistem pendataan berbasis teknologi informasi," katanya.

Halaman
123
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved