Berkat Aplikasi Kumpulsampah.id Mahasiswa UMI Juara Best Presentation LEON 2019

Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali mencatatkan prestasi di tingkat Nasional.

Berkat Aplikasi Kumpulsampah.id Mahasiswa UMI Juara Best Presentation LEON 2019
Humas UMI
Dua mahasiswa UMI yakni Zulkifli jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Andi Nasri Masri mahasiswi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih predikat best presentation Lomba Esai Nasional (LEON) 2019.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali mencatatkan prestasi di tingkat Nasional.

Kali ini dua mahasiswa UMI yakni Zulkifli jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Andi Nasri Masri mahasiswi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih predikat best presentation Lomba Esai Nasional (LEON) 2019.

LEON merupakan lomba tahunan yang diselenggarakan Badan Riset Ilmu Sosial FISIP Universitas Brawijaya, Malang, dan tahun ini berlangsung sejak 18-20 Oktober 2019 lalu.

Canon Luncurkan Printer Kekinian, Cocok Jadi Interior Rumah

Wagub Sulbar Lantik Pengurus PMI Pasangkayu

 FOTO: Telkomsel Perkenalkan Paket OMG

Zul dan Nasri meraih predikat best presentation lewat aplikasi buatannya yakni KuSam atau kumpulsampah.id.

"Tepatanya yakni Perancangan Aplikasi KuSam (kumpulsampah.id) dalam menangani permasalahan sampah di Indonesia”, tutur Lilis Nurhayati, Dosen Fakultas Ilmu Komputer yang bertindak sebagai Pembimbing.

Ide rancangan aplikasi KuSam sendiri diperoleh kedua mahasiswa ini melalui pengamatannya dalam pengolahan sampah di Indonesia utamanya di Makassar.

Meningkatnya jumlah sampah yang tidak dibarengi dengan proses daur ulang membuat tumpukan sampah makin menggunung tanpa ada solusi yang tepat.

"Berdasarkan latar belakang dan permasalahan tersebut, maka kami membuat sebuah startup berbasis platfrom, untuk memperbaiki sistem recycle sampah yang ada serta memberikan edukasi tentang sampah yang menarik," tambah Zul.

Canon Luncurkan Printer Kekinian, Cocok Jadi Interior Rumah

Wagub Sulbar Lantik Pengurus PMI Pasangkayu

 FOTO: Telkomsel Perkenalkan Paket OMG

Melalui penggunaan smartphone aplikasi KuSam akan memberikan berbagai layanan melalui menu yang tersedia.

"Menu edukasi ini di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap environment, platfrom ini lebih mementingkan benefit dari pada profit," terangnya.

Meski masih dalam bentuk ide Zul dan Nasri berencana kedepan mengembangkannya dan mencari donatur yang siap untuk mewujudkan kehadiran platform ciptaannya.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @piyann__

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

 

Penulis: Alfian
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved