Dirut Pelindo IV Makassar Rancang Kota Baru Terkoneksi Pelabuhan

Meskipun Pelindo bertugas mengelola pelabuhan umum, namun lebih dari itu, Farid Padang memiliki rencana besar menata kota

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Baru sekitar setahun Farid Padang ditunjuk sebagai Direktur Utama Pelindo IV.

Namun ia telah memiliki rencana besar untuk Indonesia Timur, khusunya Kota Makassar.

Meskipun Pelindo bertugas mengelola pelabuhan umum, namun lebih dari itu, Farid Padang memiliki rencana besar menata kota baru di dalam kota, khususnya di Makassar.

Baca: Video Preview Liga 1 2019 Borneo FC vs Bali United - Motivasi Mario Gomez Kalahkan Pemuncak Klasemen

Farid telah membuat grand design 8 kota baru di Indonesia timur yang berawal dari pelabuhan.

Delapan kota tersebut nantinya berada di Makassar, Ambon, Kalimantan Timur, Gorontalo, Kendari, Manado, Ternate Jayapura.

"Saya punya impian membangun kota dari pelabuhan, dan saya telah memilih delapan kota di Indonesia Timur, salah satunya Makassar. Nanti kita akan bangun kota baru dalam kota tang terhubung dengan pelabuhan," kata Farid saat menerima manajemen Tribun Timur di ruang kerjanya, Rabu (16/10/2019).

Baca: Viral di WhatsApp (WA) Video Panas Pramugari Seragam Hijau Beradegan Liar Diduga di Toilet Pesawat

Tak main-main, Farid bahkan mengaku telah mempresentasikan rancangannya ini saat menjadi pembicara di beberapa forum, salah satunya saat menjadi narasumber di Kedutaan Besar Jepang.

Ia bahkan pernah dianggap bisa jadi wali kota oleh Gubernur Sulsel. "Gubernur pernah berkelakar, 2020 kamu saja katanya jadi wali kota, soalnya bisa merancang kota," kata Farid sambil tertawa.

Dikatakan Farid, idenya ini muncul melihat kondisi selama ini di Kota Makassar, dimana pusat wisata Pantai Losari yang mulai kehilangan daya tariknya, serta pelabuhan yang terkesan tempat kumuh.

Baca: Yeni Rahman Gagas Program Sekolah Ibu

"Karena losari sudah hilang, saya mendesain bagaimana kota modern di Makassar. Selain itu, selama ini kan pelabuhan dianggap tempat kotor, kriminal banyak, dan lain sebagainya. Apalagi kota sudah macet, makanya kita harus buat pusat kota baru," bebernya.

Halaman
123
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved