CITIZEN REPORT

Diduga Kelompok Radikal Susupi Aksi Tolak RUU KUHP dan RUU KPK

Pembicara Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Diky Sondani, dosen FH Unhas Dr Sakka Pati, akademisi Dr Ahmad Nur dan dosen Unismuh Makassar Arqam Azikin

Diduga Kelompok Radikal Susupi Aksi Tolak RUU KUHP dan RUU KPK
handover
Diskusi yang digelar PPI Sulsel di Warkop Cappo, Makassar, Senin (7/10/2019) siang. 

Fauzi Ali Akbar
Panitia Diskusi
Melaporkan dari Kota Makassar

Diduga Kelompok Radikal Susupi Aksi Tolak RUU KUHP dan RUU KPK

Seratusan pemuda dan mahasiswa mengikuti dialog kebangsaan yang digelar Poros Pemuda Indonesia (PPI) Sulsel di Warkop Cappo, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin (7 /10/2019).

Hadir dalam diskusi tersebut yakni Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Diky Sondani, dosen FH Unhas Dr Sakka Pati, akademisi Dr Ahmad Nur dan dosen Unismuh Makassar Arqam Azikin Msi.

Dialog kali ini bertema Momentum Hari Kesaktian Pancasila Mari Kita Jaga Harmonisasi Antarsesama Anak Bangsa Demi Terwujudnya Indonesia Damai.

Pada diskusi ini mencuat bahwa aksi yang dilakukan sebagian kelompok di Makassar beberapa waktu lalu di luar konteks gerakan mahasiswa. Sebab diduga justru disusupi dengan dua gerakan yang anti-Pancasila yakni kelompok radikal kiri dan radikal kanan.

Pengamat Politik dan Kebangsaan Arqam Azikin menilai bahwa minimnya sosialisasi dan pemahaman Pancasila membuat sangat mudah gerakan anti-Pancasila masuk kampus dan mendoktrin mahasiswa.

Rocky Gerung Skakmat Ruhut Sitompul yang Mempertanyakan Gelar Akademiknya

Kronologi Aktivis Walhi Sumut Golfrid Siregar Tewas Tergeletak di Jalan, Begini Hasil Rekaman CCTV

Beberapa laporan yang ia terima, katanya, ada kelompok Anarko yang sudah rutin melakukan pengkaderan di dalam kampus. Dicuriga kelompok inilah yang menyusup ke dalam gerakan sebagian mahasiswa dan berbuat kerusuhan secara nasional, termasuk di Makassar.

“Ada juga ormas lain yang telah eksis 30 tahun namun telah dibubarkan pemerintah diduga juga tampil terdepan menunggangi aksi anarkisme tersebut,” kata Arqam.

Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani di hadapan para aktivis mahasiswa memperkuat adanya gerakan radikalisme kiri dan radikalisme kanan di balik anarkisme saat aksi sebagian kelompok mahasiswa di Makassar.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved