Kisah Rezeki Umrah dari Tanah Suci

Ketika Panggilan Allah Datang, Nenek Ruhani Umrah Karena Cucu Juara I Barzanji dari Aksa Mahmud (1)

Ketika Panggilan Allah Datang, Nenek Ruhani Umrah Karena Cucu Juara I Barzanji dari Aksa Mahmud (1)

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketika Panggilan Allah Datang, Nenek Ruhani Umrah Karena Cucu Juara I Barzanji dari Aksa Mahmud (1)

AIR mata Ruhani (67 tahun), kontan mengalir, saat ditanya apa gerangan doanya saat berada di "karpet hijau" Raodah, Masjid Nabawi, Madinah Al Munawwarah, Saudi Arabia, awal Oktober 2019 ini.

Air matanya tumpah karena nenek ini kehabisan kata untuk menyusun kalimat ungkapan rasa syukurnya kepada Allah.

"Doaku semoga hapalan (Quran) cucuku Rusmin bisa tembus 30 juz, tahun ini," kata Ruhani, kepada Tribun-timur.com di lobi Hotel Azka Al Safa, kawasan Ajyad Al Suud, Kawasan Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (3/10/2019) siang.

Ruhani hanya perempuan kampung biasa.

Ia nenek empat cucu dari kampung subur pedalaman Mandar; Dusun Kanang, Desa Batetanga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sekitar 265 km sebelah tenggara kota Makassar.

Nenek Ruhani dengan bangga menyebutkan, ia bisa menunaikan ibadah "haji kecil" di Haramain, (Mekkah dan Madinah), karena hadiah dari sang cucu tertua, M Rusmin Tasmin (15 tahun).

Sejatinya, jatah umrah itu adalah hadiah karena cucunya, dan dua santri Pondok Pesantren Tahfidz Quran Imam Ashim, Toddopuli, Makassar; --M Arfah Masyhar dan Umam Nur Rahman-- meraih juara I Festival Barzanji dan Talqin Berbahasa Bugis antar Pondok Pesantren se-Sulsel di Makassar, awal Maret 2019 lalu.

Festival itu adalah rangkaian peringatan HUT ke-46 Bosowa.

Inisiator lomba melestarikan tradisi baik Islam ini adalah founder Bosowa Corp, HM Aksa Mahmud(75) dan istrinya, Hajjah Ramlah Kalla (72).

Halaman
1234
Penulis: Thamzil Thahir
Editor: Mansur AM
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved