Tumbler, Donor dan Mengaji Jadi Pembeda Diklat di BPSDM Sulsel

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel menerapkan kebijakan atau aturan tambahan untuk peserta pelatihan dasar (Latsar) CPNS.

Tumbler, Donor dan Mengaji Jadi Pembeda Diklat di BPSDM Sulsel
Handover
Peserta Latsar CPNS di BPSDM Sulsel beberapa waktu lalu 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM — Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel menerapkan kebijakan atau aturan tambahan untuk peserta pelatihan dasar (Latsar) CPNS.

Kebijakan itu adalah, kewajiban peserta Latsar untuk menggunakan tumbler saat pendidikan dan pelatihan berlangsung.

Kedua adalah menerapkan dan memfasilitasi donor darah bagi peserta Latsar CPNS. Sedangkan kebijakan terakhir adalah, kewajiban bagi peserta Latsar untuk mampu membaca kitab suci Alquran bagi umat Muslim.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Diklat Kepemimpinan Aparatur BPSDM Sulsel Sultan Rakib dalam arahannya pada peserta Latsar Kabupaten Wajo belum lama ini.

“Inilah tiga kebijakan tambahan diklat di BPSDM dan sekaligus menjadi pembeda dengan lembaga pendidikan yang lain,” ujar Sultan.

Baca: BPSDM Sulsel Orientasi Anggota DPRD Terpilih

Baca: Gubernur Sulsel Marah di Dinas Kehutanan, Tersenyum Lebar di Kampus BPSDM

Di BPSDM Sulsel menerapkan dan berusaha menekan penggunaan bahan plastik berlebihan. Makanya, peserta diwajibkan membawa tumbler atau tempat minum, panitia tinggal menyiapkan galon atau air untuk isi ulang.

Menurutnya, penggunaan plastik saat ini menjadi perhatian semua pihak tak terkecuali BPSDM Sulsel.

“Begitu juga dengan donor darah. Kami menerapkan pembiasaan the power of giving dengan adanya donor darah,” ujar Sultan.

Sedangkan bagi umat muslim yang tidak tahu mengaji Alquran, maka akan diajar hingga mampu membaca Alquran.

“Ada tes membaca Alquran bagi peserta Latsar di BPSDM Sulsel. Jika awal masuk ada peserta Latsar tidak bisa baca Alquran, maka panitia akan mengajar hingga mampu saat keluar off campus,” ujar Sultan. (*/tribun-timur.com)

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved