Pertemuan Tiga Pilar Bahas Money Politik Jelang Pilkalem dan Pilkada di Toraja

Tiga lembaga berasal dari lembaga keagamaan, pemerintah dan adat yang dihelat di Tongkonan Sangulelle kantor BPS Gereja Toraja, Jalan Ahmad Yani Kecam

Pertemuan Tiga Pilar Bahas Money Politik Jelang Pilkalem dan Pilkada di Toraja
Risnawati/Tribun Timur
Pertemuan tiga pilar membahas strategi konkrit jelang Pilkalem dan Pilkada tanpa politik uang di Tongkonan Sangulelle kantor BPS Gereja Toraja, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (05/9/2019) sore kemarin. / f 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Tiga lembaga mengelar diskusi dan pertemuan tiga pilar dalam julukan 'Tallu Batu Lalikan' melawan politik uang (money politik).

Tiga lembaga berasal dari lembaga keagamaan, pemerintah dan adat yang dihelat di Tongkonan Sangulelle kantor BPS Gereja Toraja, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (05/9/2019) sore kemarin.

Gowa Dorong Pelayanan Publik Menuju Zona Hijau

544 Ribu Pelanggan PLN di Sulsel Terancam Tak Nikmati Subsidi Listrik di 2020

Hari Ini Mobil Esemka Bima Diluncurkan, Harga Murah Jokowi Ikut Promosi, Terinspirasi Toyota Prado

Terjun ke Dunia Fashion, Siapa Okie Agustina?

Keluhkan Lambannya Jaringan, Warga Dusun Kandoka Pinrang Tagih Janji Bupati

Topik pembahasan 'Merumuskan Bersama Strategi Konkret Melaksanakan Pemilihan Kepala Lembang/Desa (Pilkalem) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanpa Politik Uang.

Setelah berdiskusi hingga malam, disepakati beberapa poin bahwa para peserta sepakat politik uang berdampak buruk terhadap keberlangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, bertentangan dengan ajaran agama, adat dan budaya Toraja serta bertentangan dengan hukum positif yang berlaku di NKRI.

Pilkalem akan dilaksanakan November 2019 dan Pilkada di tahun 2020 mendatang, peserta kombongan (diskusi) sepakat menolak segala bentuk praktik politik uang.

Selanjutnya, menghadapi Pilkalem dan Pilkada bahwa tiga lembaga tersebut akan menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing, serta saling mendukung dan mensuport demi mewujudkan pemilihan tanpa politik uang dan perlu adanya pendidikan politik.

Pertemuan tiga pilar membahas strategi konkrit jelang Pilkalem dan Pilkada tanpa politik uang di Tongkonan Sangulelle kantor BPS Gereja Toraja, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (05/9/2019) sore kemarin. / f
Pertemuan tiga pilar membahas strategi konkrit jelang Pilkalem dan Pilkada tanpa politik uang di Tongkonan Sangulelle kantor BPS Gereja Toraja, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (05/9/2019) sore kemarin. / f (Risnawati/Tribun Timur)

Pilkalem akan berlangsung di 53 lembang wilayah Kabupaten Tana Toraja dan 87 lembang di Toraja Utara. Dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 mendatang, peserta kombongan sepakat mendirikan posko relawan.

Menghadapi Pilkalem, peserta kombongan akan membentuk 1000 relawan tanpa dibayar dan akan ditempatkan disetiap TPS minimal 2 relawan dan mulai dilakukan pendaftaran pekan depan di halaman BPS Gereja Toraja.

Relawan terbentuk nantinya akan dibekali pengetahuan bimbingan teknis (Bimtek) serta mendapat perlindungan dari pihak berwenang. Sementara untuk Pilkada 2020 akan dibentuk juga relawan bekerjasama dengan Bawaslu dan pihak keamanan dalam menegakkan hukum.

Halaman
12
Penulis: Risnawati M
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved