Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Viral Kebakaran Hebat di Hutan Hujan Amazon, Ini Profil dan Lokasinya

Hutan tropis basah adalah bioma paling kaya spesies, dan hutan tropis di Amerika memiliki lebih banyak spesies daripada hutan basah Afrika dan Asia.

TRIBUNWIKI: Viral Kebakaran Hebat di Hutan Hujan Amazon, Ini Profil dan Lokasinya
int
Hutan Hujan Amazon 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan penelitian angkasa Brasil menyatakan, kebakaran hutan yang terjadi di Amazon mencatatkan rekor terbaru pada tahun ini.

Dilansir dari Kompas.com berdasarkan data satelit, Institut Nasional untuk Penelitian Angkasa (Inpe) menyatakan terdapat peningkatan hingga 83 persen jika dibandingkan periode yang sama.

Dilansir AFP Selasa (20/8/2019), hampir 73 ribu kebakaran hutan tercatat sepanjang Januari hingga Agustus. Dibandingkan 39.759 pada tahun lalu.

Sementara diberitakan BBC, citra satelit menunjukkan negeri bagian paling utama, Roraima, tertutupi awan hitam. Sementara Amazonas mendeklarasikan keadaan darurat.

Data yang dipaparkan Inpe merupakan data tertinggi sejak 2013 silam. "Yang kita saksikan adalah konsekuensi dari meningkatnya deforestasi baru-baru ini," kata Ricardo Mello dari WWF's Amazon.

Kabar itu juga muncul setelah Presiden Brasil Jair Bolsonaro memecat kepala badan penelitian itu setelah muncul publikasi soal data deforestasi.

Bolsonaro saat ini menjadi sorotan utama dan sasaran kritik oleh kalangan pemerhati lingkungan karena mendukung petani atau pemilik lahan membakar hutan.

Saya dulu sering dipanggil Kapten Chainshaw. Sekarang, julukan saya adalah Nero karena sudah membuat kebakaran hutan Amazon," katanya dikutip Reuters.

Namun, Inpe melalui penelitinya Alberto Setzer menuturkan jumlah kebakaran yang tercatat tidak sesuai dengan yang biasanya dilaporkan saat musim kemarau.

Setzer menjelaskan musim kemarau memang membantu menyebarkan api. Namun memulai kebakaran merupakan perbuatan manusia atau karena kecelakaan.

Halaman
1234
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved