Indonesia Genjot Ekspor Pisang ke Jepang

Capain ini tertinggi dibanding buah-buah lainnya. Angka yang dicatat untuk volume konsumsi pisang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan apel (12

Indonesia Genjot Ekspor Pisang ke Jepang
Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian
Warga memperlihatkan pisang. Saat ini Indonesia tengah mempersiapkan ekspor pisang ke Jepang.

TRIBUN TIMUR.COM.COM,TOKYO- Siapa yang menyangka pisang ternyata salah satu buah favorit warga Jepang. Berdasarkan data tahun 2017, volume konsumsi pisang di Jepang sebesar 18,5 kilogram per rumah tangga yang beranggotakan dua orang atau Iebih.

Capain ini tertinggi dibanding buah-buah lainnya. Angka yang dicatat untuk volume konsumsi pisang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan apel (12,2 kilogram per rumah tangga) dan jeruk citrus (10,1 kilogram per rumah tangga).

Perindo, PKB, dan Berkarya Sepakat Bentuk Satu Fraksi di DPRD Makassar

Siaran Langsung (Live) SCTV Timnas U-15 Indonesia vs Myanmar Jam 15.00, Nonton Streaming HP Disini

Panjat Tebing Sulsel Raih 7 Medali di Kejurnas Panjat Tebing ke XIV Pelaihari Kalsel

Aktivis SPAK Soroti Anggaran Makan Minum Pemkab Enrekang Capai Rp 12,9 M

Lowongan Kerja BUMN PT Jasa Raharja, Dicari Lulusan SMA D3 S1, Cek Syarat dan Cara Daftar

Tingginya permintaan warga Jepang akan buah pisang ini ditangkap pemerintah Indonesia sebagai peluang emas. Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini berupaya melakukan akselerasi ekspor pisang ke negara sakura tersebut.

Atase Pertanian KBRI Tokyo Sri Nuryanti menyebutkan pada tahun lalu Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-10 sebagai eksportir pisang ke Jepang, dengan nilai ekspor sebesar US$ 1,67 Juta. Padahal pisang asal Indonesia baru mulai menembus pangsa pasar Jepang pada tahun 2015.

“Baru pada tahun tersebut, Indonesia dapat memanfaatkan kuota pisang sebanyak seribu ton per tahun dengan tarif nol persen. Ekspor ini merupakan yang perdana sejak penandatanganan Indonesia-Jepang dalam Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada 2008,” ujar Sri.

Masuknya pisang Indonesia ke Jepang merupakan pencapaian penting karena pasar produk pertanian negara tersebut terkenal sangat ketat. Jepang menerapkan standar mutu dan kesehatan yang sangat tinggi untuk impor produk pertanian.

Dalam dua tahun terakhir, negara-negara Asia Tenggara memang menunjukkan taringnya dalam pemasaran pisang di Jepang.

Bahkan Filipina saat ini menjadi penguasa pasar pisang di Jepang. Setidaknya 80% pasar di sana dikuasai oleh Filipina, menyalip negara-negara Amerika Latin, antara lain Ekuador dan Meksiko yang sebelumnya merupakan ekspotir terbesar pisang di dunia.

“Negara-negara Asia Tenggara memiliki peluang karena secara geografis posisinya lebih dekat dibandingkan negara pengekspor pisang lainnya, terutama negara- negara Amerika Latin,” ungkap Sri, dalam keterangan pers, Minggu (3/8/2019).

Ke depannya, Indonesia diyakini Sri memiliki potensi besar untuk memperbesar volume ekspor pisang ke Jepang. Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengajukan penambahan kuota ekspor pisang ke Jepang dari 1.000 ton menjadi 10.000 ton per tahunnya.

Halaman
12
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved