Bunga Acuan Turun, Peluang Developer Tingkatkan Penjualan

Penurunan suku bunga mengindikasikan bahwa ekonomi menunjukkan tren positif.

Bunga Acuan Turun, Peluang Developer Tingkatkan Penjualan
abdiwan/tribuntimur.com
Suasana property expo di Atrium Mall Panakkukang Makassar, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasriyani Latif

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) 17-18 Juli 2019, Bank Indonesia (BI) memutuskan memangkas suku bunga acuan atau BI 7-Day Reserve Repo Rate (BI 7-DRR) dari 6 persen menjadi 5,75 persen.

Penurunan ini dinilai bakal memberi keuntungan bagi industri properti. Konsumsi masyarakat akan meningkat, termasuk dalam hal pembelian properti yang memang didominasi dengan cara kredit.

Stimulus dari BI inipun menjadi angin segar bagi para developer atau pengembang perumahan yang ada di Makassar.

Maklum, pemangkasan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) ini merupakan kebijakan pelonggaran moneter pertama kalinya sejak bank sentral menahan bunga acuan di level 6 persen selama delapan bulan berturut-turut atau sejak November 2018.

Efek dari tingginya bunga acuan, penjualan properti melambat. Ditambah lagi, tahun politik di 2019, membuat masyarakat cenderung menahan diri untuk melakukan pembelian properti.

Marketing Communication PT Parangloe Indah (FKS Land), Dodie Christian, Jumat (26/7/2019) menyebut kebijakan yang dilakukan BI dengan memangkas bunga acuan menjadi kabar yang baik bagi industri properti.

Hanya saja, ia menilai penurunan suku bunga acuan belum bisa membawa dampak signifikan bagi pasar properti dalam waktu dekat, khususnya di Kota Makassar.

Ini karena bank penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tidak serta merta menurunkan bunga kreditnya. Butuh waktu bagi bank penyalur melakukan penyesuaian. 

Meski begitu, penurunan suku bunga mengindikasikan bahwa ekonomi menunjukkan tren positif.

Halaman
1234
Penulis: Hasriyani Latif
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved