Kecamatan Somba Opu Gowa Sudah Tidak Krisis Air

Ia mengatakan saat ini di Kecamatan Somba Opu telah memiliki 16 titik reservoir yang bisa mengaliri lebih 38 KK tiap reservoirnya.

Kecamatan Somba Opu Gowa Sudah Tidak Krisis Air
ari maryadi/tribungowa.com
Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin meninjau salah satu reservoir atau tempat penampungan air bersih di Kelurahan Batangkaluku, Kamis (25/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) terus berkomitmen menuntaskan kekumuhan di Kabupaten Gowa.

Salah satunya dalam penanganan air bersih yang tersebar disejumlahkelurahan di Kecamatan Somba Opu.

Hal itu diungkapkan Koordinator KotaKu, Nurliah Ruma saat meninjau salah satu reservoir atau tempat penampungan air bersih di Kelurahan Batangkaluku, Kamis (25/7/2019).

Ia mengatakan saat ini di Kecamatan Somba Opu telah memiliki 16 titik reservoir yang bisa mengaliri lebih 38 KK tiap reservoirnya.

Sejak tahun lalu hingga sekarang sudah 16 titik reservoir. Mulai dari (Batangkaluku) satu titik, Samata dua titik, Romang Polong satu titik, Mawang satu titik.

"Kemudian Pandang-pandang tiga titik, Paccinongang satu titik, Katangka empat titik, Tombolo satu titik, dan Kelurahan Kalegowa dua titik," ungkapnya.

Melalui program ini, kata Nurliah masyarakat tidak takut lagi kekurangan air bersih apalagi saat musim kemarau tiba yang biasanya mengakibatkan kekeringan disejumlah tempat.

Tak hanya itu, reservoir inipun dilengkapi dengan hydrant atau penampungan cadangan air untuk mengantisipasi jika terjadinya kebakaran.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin mengatakan Program Kotaku merupakan program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mempercepat penanganan kumuh perkotaan.

Selain itu, Gerakan 100-0-100 adalah inti dari program KotaKu, yakni 100 persen penyediaan akses aman air bersih, nol persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Ansar
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved