Citizen Reporter

Mahasiswa KKN Unhas Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Pupuk Organik

Mahasiswa KKN Unhas mengenalkan produk Pupuk Organik Cair (POC) yang ramah lingkungan dari limbah rumah tangga

Mahasiswa KKN Unhas Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Pupuk Organik
CITIZEN REPORTER/Widya Nauli
Mahasiswa KKN Unhas mengenalkan produk Pupuk Organik Cair (POC) yang ramah lingkungan dari limbah rumah tangga di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. 

Citizen Reporter, Widya Nauli Mahasiswa KKN Unhas Kota Parepare

Limbah rumah tangga ternyata bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat untuk digunakan kembali. Buah-buahan busuk, sisa air cucian beras, dan air gula merah dapat diolah menjadi Pupuk Organik Cair (POC).

Inovasi ini disosialisasikan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) kepada ibu rumah tangga dan juga mengenalkan produk tersebut kepada para kelompok tani dan masyarakat sekitar Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

Kegiatan ini berlangsung di halaman rumah warga di Kelurahan Lompoe, Senin (22/07/2019).

Banyak dari kalangan masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya ketua RW/RT, kelompok tani dari Kelurahan Lompoe, dan Petugas Penyuluhan Lapangan dari Dinas Pertanian setempat.

Warga Kelurahan Lompoe sangat antusias untuk melihat praktik sosialisasi dan mengetahui pemanfaatan dari limbah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan kembali.

Ibu Adriana selaku Penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Parepare sangat mengapresiasi pelaksanaan penyuluhan tersebut.

Beliau mengemukakan bahwa sudah selayaknya anak muda yang berperan langsung dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani melalui pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang ramah lingkungan dan tentu sangat baik bagi kesehatan dibanding pupuk anorganik sehingga sangat cocok untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Selain itu, POC juga dapat diproduksi dalam jumlah yang besar sehingga dapat pula digunakan untuk tanaman di lahan yang luas, seperti sawah ataupun ladang.

Pemberian materi yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN Unhas ini menjabarkan model mengolahan limbah rumah tangga menjadi POC.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved