Pangdam XIV Hasanuddin Uji Coba Perahu Rakit Buatan Paldam

Dengan mengenakan seragam dinas lengkap, tanpa canggung Mayjen TNI Surawahadi menaiki langsung perahu berkecapatan 40 PK tersebut.

Pangdam XIV Hasanuddin Uji Coba Perahu Rakit Buatan Paldam
muslimin emba/tribun-timur.com
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, uji coba perahu rakit karya Paldam XIV Hasanuddin di Danau Tanjung Bunga, Makassar, Selasa (16/7/2019) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Peralatan Kodam (Paldam) XIV Hasanuddin melakukan uji coba rakit yang siap diterjunkan dalam evakuasi korban bencana banjir.

Uji coba itu yang berlangsung di Danau Tanjung Bunga, Makassar, Selasa (16/7/2019) siang.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, yang menghadiri uji coba perahu rakit yang terbuat dari drum plastik dan rangka baja ringan itu, turut melakukan uji coba.

Dengan mengenakan seragam dinas lengkap, tanpa canggung Mayjen TNI Surawahadi menaiki langsung perahu berkecapatan 40 PK tersebut.

"Jadi sore ini kita ujikan tentang kemampuan rakit yang dibuat oleh Paldam, dalam rangka antisipasi banjir," kata Mayjen TNI Surawahadi ditemui usai melakukan uji coba.

Perahu rakit yang buat oleh Paldam XIV Hasanuddin itu, kata Surawahadi telah lama dirancang dan telah melalui berbagai perbaikan hingga layak digunakan.

"Nanti perahu-perahu ini akan saya distribusikan ke kodim-kodim, terutama kodim yang kemungkinan besar ada banjir di daerahnya," ujar Surawahadi.

Selain itu, Surawahadi juga akan memerintahkan ke korem-korem jajaran Kodam XIV Hasanuddin untuk membuat perahu rakit yang sama.

"Nanti juga korem, supaya membuat perahu seperti ini. Kita sudah ujikan, kita yakin tidak akan terguling atau terbalik," tuturnya.

Inisiatif pembuatan perahu rakit itu, lanjut Surawahadi, didasari atas kondisi perahu karet yang digunakan para Tim SAR selama ini.

Dimana, perahu karet menurut Surawahadi rawan bocor atau rusak ketika terkena paku, duri ataupun benda tajam.

"Makanya kita desain dengan dinding yang sudah dilapisi bordes ini lumayan kuat dengan pelampung drum-drum yang relatif kuat," ungkap Surawahadi.

Pihaknya pun berjanji akan menambah jumlah perahu rakit tersebut agar dapat diterjunkan di daerah banjir yang ada di wilayah tugas Kodam XIV Hasanuddin.(tribun-timur.com).

Laporan wartawan tribun-timur.com, Muslimin Emba.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved