UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Cari Pendonor di Lokasi Car Free Day

Inovasi yang dihadirkan dalam proyek perubahan itu, dengan menyediakan mobil transfusi darah keliling (darling).

UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Cari Pendonor di Lokasi Car Free Day
muslimin emba/tribun-timur.com
Kepala seksi teknis pelayanan donor dan pasien UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi SulSel Dr Erviana Aprilia A Rasak,s.Ked memamerkan inovasi dalam rancangan proyek perubahan yang berlansung di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Rabu (12/6/2019) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Unit Transfusi Darah Provinsi (UTDP) Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel menghadirkan inovasi baru bagi para pendonor.

Inovasi layanan transfusi itu dipamerkan dalam rancangan proyek perubahan yang berlangsung di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Rabu (12/6/2019) siang.

Inovasi yang dihadirkan dalam proyek perubahan itu, dengan menyediakan mobil transfusi darah keliling (darling).

Hal itu diungkapkan Kepala seksi teknis pelayanan donor dan pasien UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi SulSel Dr Erviana Aprilia A Rasak,s.Ked.

"Inovasi yang kita lakukan yaitu optimalisasi pengambilan atau transfusi darah melalui mobil donor darah keliling atau darling di UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel," kata Dr Erviana Aprilia A Rasak.

Menurut Erviana Aprilia, hal itu bertujuan untuk mengantisipasi dan menjamin ketersediaan stok darah di UPT Transfusi Darah Dinkes Provinsi Sulsel dan sejumlah rumah sakit.

"Kenapa saya munculkan inovasi ini, karena saya lihat sekarang terjadi stok darah yang minim di UPT Transfusi dan darah dan banyakanya permintaan darah dari rumah sakit. Khususnya yang kita temani kerja sama rumah sakit Wahidin dimana permintaannya dalam sehari 70 sampai 100 kantong per hari, sedangkan kita belum maksimum memenuhi semuanya," terang Erviana.

Dalam program jangka pendek ini, pihaknya mengaku menyiapkan tiga unit Darling untuk disiagakan di tiga kecamatan. Khususnya, pada pelaksanaan car free day.

"Untuk program jangka pendek ini, saya kerjasama dengan tiga kecamatan. Khususnya pada pelaksanaan car free day di Taman Pakui, carr free day di Jl Boulevard dan car free day di Jl Jenderal Sudirman," ujarnya.

Dengan hadirnya mobil transfusi yang disiagakan itu kata Erviana, warga yang mengikuti car free day dapat lebih muda untuk mendonorkan darahnya.(tribun-timur.com)

Laporan wartawan tribun-timur.com, Muslimin Emba.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved