Bawaslu Takalar Gelar Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019, Ini Hasilnya

Sebelumnya telah beberapa kali dilaksanakan persidangan atas ketiga laporan tersebut, yakni sejak 20 Mei 2019

Bawaslu Takalar Gelar Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019, Ini Hasilnya
darullah/tribuntakalar.com
Ketua Majelis Pemeriksa, Ibrahim Salim (tengah), Majelis Pemeriksa, Nellyati (kanan) dan Syaifuddin (kiri), memutuskan tiga Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Pemilu, Senin (10/06/2019) siang 

TRIBUNTAKALAR.COM, TAKALAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Takalar melangsungkan Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Administrasi Pemilu Tahun 2019 di Ruang Sidang Kantor Bawaslu Takalar, Senin (10/06/2019) siang

Pelaksanaan sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pemeriksa, Ibrahim Salim, para anggota Majelis Pemeriksa Nellyati dan Syaifuddin yang ketiganya juga merupakan Komisioner Bawaslu Kabupaten Takalar, memutuskan tiga Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Pemilu.

Sebelumnya telah beberapa kali dilaksanakan persidangan atas ketiga laporan tersebut, yakni sejak 20 Mei 2019, hingga hari ini sidang putusan berjalan lancar dan aman.

"Alhamdulillah Sidang Putusan dari ketiga laporan yang masuk ke Bawaslu Takalar berjalan lancar dan aman, berkat kooperatif para pelapor dan terlapor, saksi serta peserta sidang dalam mengikuti persidangan dari awal hingga sidang Putusan ini di gelar," Ungkap Ibrahim Salim.

Terima kasih juga atas pengawalan dan pengamanan saat sidang berlangsung oleh Aparat Keamanan dari Polres Takalar, tambah Ibrahim.

Pokok Ketiga Laporan tersebut adalah:
1. Hartiah Dg Bau Caleg DPRD Kabupaten Takalar dari Partai Nasdem No Urut 4 Dapil 2 Kecamatan Mangarabombang, Mappakasunggu dan Sanrobone melaporkan Dugaan Penggelembungan Suara yang dilakukan oleh Edwin Parawangsyah. Kr.Lomba yang juga Caleg DPRD Kabupaten Takalar No. Urut 7 Dapil 2 Partai Nasdem.  

Putusan :
-menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melanggar tata cara, prosedur atau mekanisme dalam tahapan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undanga

2. Kamba, SE,.M.ME dari Partai Perindo Kabupaten Takalar melaporkan dugaan pelanggaran administrasi Pemilu oleh KPU Kabupaten Takalar.

Putusan :
-Menyatakan Terlapor Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Galesong Utara, Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Galesong, Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) Galesong Selatan, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melanggar tata cara, prosedur, atau mekanisme pada tahapan pemilu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

-Menyatakan Terlapor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bersangkutan yakni KPPS pada TPS 03 Desa Barangmamase, Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS 01 Desa Bontoloe Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 05 Desa Pa'lalakkang Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 04 Desa Mangindara Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS 02 Desa Bontomarannu Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS O6 Desa Bontokanang Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 09 Desa Bontokanang Kec. Galesong, KPPS pada TPS 13 Desa Tamasaju Kec. Galesong Utara, KPPS pada TPs 02 Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong, KPPSS pada TPS 02 Desa Bontosunggu Kecamatan Galesong Utara, terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan Pelanggaran Administratif Pemilu terhadap pengisian Salinan Formulir Model C1 DPRD Kab/Kota.

-Memberikan Teguran Tertulis Kepada Terlapor Kelompok Penyelenggar Pemungutan Suara (KPPS) yang bersangkutan yakni KPPS pada TPS 03 Desa Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS 01 Desa Bontoloe Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 05 Desa Pa'lalakkang Kec. Galesong, KPPS pada TPS 04 Desa Mangindara Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS 02 Desa Bontomarannu Kecamatan Galesong Selatan, KPPS pada TPS 06 Desa Bontokanang Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 09 Desa Bontolkanang Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 13 Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara, KPPS pada TPS 02 Desa
Mappakalompo Kecamatan Galesong, KPPS pada TPS 02 Desa Bontossunggu Kecamatan Galesong Utara

3. Makmur Mustakim, SH Caleg DPRD Kabupaten Takalar dari Partai PPP Dapil 1 Kecamatan Polongbangkeng Utara, Polongbangkeng Selatan dan Pattallassang melaporkan dugaan pelanggaran administrasi pemilu yang dilakuka oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Takalar.

Putusan:
-menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melanggar tata cara, prosedur atau mekanisme dalam tahapan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dari ketiga laporan tersebut Ketua dan Anggota Majelis Pemeriksa sidang telah memutuskan hasil sidang yang diterima dengan baik oleh para pelapor dan terlapor.

"Hasil Sidang Putusan telah diserahkan dan disampaikan ke masing-masing pelapor dan terlapor," tutup Ketua Bawaslu Kabupaten Takalar, Ibrahim.

Laporan wartawan TribunTakalar.com, Darullah, @uul_darullah

Penulis: Darullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved