Pakai Nama 'Superman', Perusahaan Makanan Ringan di Indonesia ini Menang atas Gugatan DC Comics

PT Marxing Fam Makmur bersengketa dengan DC Comics terkait penggunaan nama 'Superman' pada salah satu produknya, yakni Wafer Superman.

Pakai Nama 'Superman', Perusahaan Makanan Ringan di Indonesia ini Menang atas Gugatan DC Comics
Instagram/anekasnackjadul
Pakai Nama 'Superman', Perusahaan Makanan Ringan di Indonesia ini Menang atas Gugatan DC Comics 

TRIBUN-TIMUR.COM-Sebuah perusahaan makanan ringan asal Surabaya, Indonesia berhasil memenangkan gugatan DC Comics.

PT Marxing Fam Makmur bersengketa dengan DC Comics terkait penggunaan nama 'Superman' pada salah satu produknya, yakni Wafer Superman.

Diketahui DC Comics merupakan perusahaan komik ternama asal Amerika Serikat yang terkenal dengan tokoh-tokoh superhero, seperti Batman, Wonder Women, termasuk Superman.

Dikutip dari Kompas.com, Kuasa hukum PT Marxing Fam Makmur Fajar Nugraha mengatakan, awal mula terjadi sengketa merek Superman dengan DC Comics terjadi saat perusahaan komik asal AS mendaftarkan mereknya di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 2017 lalu.

"DC Comics mencoba mendaftarkan mereknya di DJKI tahun 2017, namun ditolak," kata Fajar melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Rabu (29/5/2019).

Sebab, jauh sebelum itu, tepatnya pada 1993 silam, PT Marxing Fam Makmur telah mendaftarkan mereknya, yakni Wafer Cokelat Superman atau Wafer Superman Indonesia, ke Kementerian Hukum dan HAM.

"Sehingga DC Comics memutuskan untuk membawa permasalahan tersebut ke jalur hukum," ujarnya.

DC Comics menggugat PT Marxing Fam atas penggunaan merek Superman pada 2017 lalu di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 17/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.Pst pada Selasa, 3 April 2018.

Hingga, perkara perdata khusus kekayaan intelektual merek itu berlanjut pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

Sesuai salinan putusan MA yang turun beberapa waktu lalu, PT Marxing Fam dinyatakan menang melawan DC Comics, perusahaan komik asal AS itu.

Halaman
1234
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved