Perebutan Kursi Ketua DPRD se-Sulsel: Golkar 10, Nasdem 5, PPP 4, Gerindra 2

Pada Pileg 2014, Partai Golkar memiliki 16 kursi ketua DPRD se-Sulsel. Hasil Pileg 2019, Partai Golkar tinggal 10 kursi ketua.

Perebutan Kursi Ketua DPRD se-Sulsel: Golkar 10, Nasdem 5, PPP 4, Gerindra 2
abd azis/tribun-timur.com
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan Syahruddin Alrif mengklaim partainya mengontrol dua kursi di Dapil Sulsel I. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Partai Nasdem merebut kursi ketua DPRD di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi lumbung suara Golkar di Sulawesi Selatan.

Daerah yang selama ini partai berlambang pohon beringin itu mendudukkan kadernya sebagai ketua adalah Makassar, Kabupaten Pangkep, Barru, Sidrap, dan Toraja Utara.

Pada Pileg 2014, Partai Golkar memiliki 16 kursi ketua DPRD se-Sulsel. Hasil Pileg 2019, Partai Golkar tinggal 10 kursi ketua.

Namun di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Golkar tumbang di Makassar. Kursi Ketua DPRD Makassar yang selama ini di genggaman Golkar pun beralih ke Nasdem.

Begitu juga di Pangkep, Barru, Sidrap, serta Toraja Utara. Semuanya beralih ke Nasdem. Lima daerah itu belum termasuk Kabupaten Gowa, Wajo, Bulukumba, Luwu, dan Takalar yang selama ini menjadi basis suara Golkar.

Kursi DPRD Gowa kini menjadi milik Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kemudian di Wajo milik PAN, di Bulukumba dan Luwu yang sebelumnya milik Golkar menjadi milik PPP. Sementara di Kabupaten Takalar milik PKS.

Praktis partai besutan Airlangga Hartarto di Sulsel cuma mampu mendudukkan kadernya sebagai ketua DPRD di 10 daerah.

Sepuluh daerah tersebut, Maros, Parepare, Enrekang, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, Soppeng, Bone, dan Selayar.

Sementara kursi Ketua DPRD Jeneponto dan Sinjai yang sebelumnya dikuasai Partai Demokrat kini menjadi milik kader Gerindra.

Sedangkan kursi Ketua DPRD Pinrang yang sebelumnya milik PKS menjadi milik Partai Demokrat.

Halaman
123
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved