Pemkab Gowa Raih Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Level Tiga

Sertifikat tersebut diberikan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulsel kepada Inspektorat Gowa.

ari maryadi/tribungowa.com
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni sertifikat level 3 dan hasil quality assurance BPKP Perwakilan Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menorehkan prestasi dengan menerima sertifikat level 3 dan hasil quality assurance.

Sertifikat level tiga tersebut merupakan penilaian mandiri kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Sertifikat tersebut diberikan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulsel, kepada Inspektorat Gowa.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel Arman Sahri Harahap mengungkapkan, hanya 8 pemerintah yang berhasil meraih kapabilitas APIP level 3 dari 548 pemerintahan di Indonesia. Salah satunya Pemkab Gowa.

"Sementara di Sulsel sendiri, hanya 2 pemerintahan yang berhasil meraih kapabilitas APIP level 3 yakni Pemkab Sidrap dan Gowa."

"Khsusus di Gowa berhasil meraih level 3 tanpa catatan," katanya usai menyerahkan sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (27/5/2019).\

Devo Bantah Pernyataan Sekprov Sulsel Soal Pembubaran TGUPP, Ini Penjelasannya

Pemprov dan Pemkab Mamuju Gelar Pasar Murah, Disini Tempatnya

Peningkatan kapabilitas APIP Inspekotrat Gowa ke level 3 ini, berdasarkan hasil penilaian mandiri dengan melihat enam indikator penunjang.

Antara lain peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya, serta struktur tata kelola.

Peningkatan kapabilitas APIP pada level 3 tentunya tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah dalam hal pengawalan akuntabilitas keuangannya.

Termasuk kerja keras dari Inspektorat Gowa dan dukungan seluruh pihak.

Halaman
123
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved