Prabowo-Sandi Tolak Hasil Pemilu 2019 dan Minta Pendukung Jaga Ketertiban

Penolakan itu dilakukan karena KPU tidak mengindahkan peringatan yang sudah disampaikan pihaknya pada 14 Mei lalu di Hotel Grand Sahid.

Penulis: Abdul Azis | Editor: Ansar
Prabowo-Sandi Tolak Hasil Pemilu 2019 dan Minta Pendukung Jaga Ketertiban
HANDOVER
Juru Bicara pasangan Prabowo-Sandi di Sulsel Andy Arief Bulu, mengatakan, pasangan nomor urut 02 berencana mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam rentan waktu 3x24 jam pasca-pengumuman hasil pemilu oleh KPU.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Calon Presiden dan Wakil Presiden RI nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi menolak pengumuman hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (21/5/2019).

Penolakan itu dilakukan karena KPU tidak mengindahkan peringatan yang sudah disampaikan pihaknya pada 14 Mei lalu di Hotel Grand Sahid.

Kala itu, Prabowo menegaskan tidak akan menerima hasil perhitungan suara yang dilakukan KPU RI selama penghitungan itu bersumber pada kecurangan.

Dulu Bilang Tak Percaya, Ada Apa BPN Prabowo-Sandi Tiba-tiba Siapkan Gugatan ke Mahkamah Konstitusi?

Nurdin Abdullah - Sudirman: Selamat untuk Jokowi dan KH Maruf Amin

Melalui pesan Whatsapp, Juru Bicara pasangan Prabowo-Sandi di Sulsel Andy Arief Bulu, mengatakan, pasangan nomor urut 02 berencana mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam rentan waktu 3x24 jam pasca-pengumuman hasil pemilu oleh KPU.

"Bukti kecurangan Pilpres 2019 yang disampaikan oleh pihak Prabowo-Sandi tidak pernah ditindaklanjuti oleh KPU," kata AAB via pesan Whatsapp, Selasa (21/5/2019).

Selain itu, katanya, KPU juga terindikasi terlibat dalam kecurangan lantaran sejak awal persiapan penyelenggaraan sudah terjadi kecurangan.

"Contohnya, DPT bermasalah yang jumlahnya sangat fantastis tidak pernah benar-benar diurus oleh KPU," jelasnya.

"Sejak awal pihak 02 menyerukan single identity number, ini terbukti bahwa salah satu akar masalah Pilpres adalah DPT," ujar AAB.

BERLANGSUNG SKOR 1-0 Live Indosiar Live Streaming Persebaya vs Kalteng Putra - Amido Balde Bisa Main

Ia juga mempertanyakan netralitas ASN dan perangkat negara lainnya.

Menurut AAB, tujuan Prabowo-Sandi menempuh proses hukum ke MK merupakan tanggungjawab ke masyarakat yang masih belum atau tidak dapat diselesaikan KPU dan Bawaslu.

"Keputusan ke MK ini juga karena ada desakan dari rakyat yang merasakan langsung akibat kecurangan. Dan dari MK ini menghasilkan, menolak gugatan, pemungutan suara ulang seluruh, pemungutan suara ulang sebagian, dan pembatalan calon.

"Sementara kepada seluruh komponen masyarakat, relawan, pendukung dan simpatisan paslon 02, Prabowo mengimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban umum," ujarnya.

"Serta selalu menjaga agar aksi-aksi menyampaikan pendapat di depan umum selalu dilaksanakan dengan damai, berakhlak, dan konstitusional," tambahnya.(zis)

Laporan Wartawan tribuntimur.com/ Abdul Azis Alimuddin

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved