Penerapan Sistem TPE di Makassar Belum Maksimal

Di tempat itu terlihat masih banyak pengendara yang memarkir kendaraan tidak membayar sesuai dengan tarif yang diberlakukan di terminal parkir

Penerapan Sistem TPE di Makassar Belum Maksimal
Hasan Basri/Tribun Timur
Puluhan kendaraan roda empat parkir di bahu jalan depan Pengadilan Negeri Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Perusahan Daerah (PD) Parkir Raya lingkup Pemerintah Kota Makassar telah menerapkan penggunaan Terminal Parkir Elektronik (TPE)  di beberapa titik di Kota Makassar.

Namun keberadaan sistem tersebut nampaknya masih kurang efektif. Seperti terpantau di depan Kantor Pengadilan Negeri Makassar.

SEDANG BERLANGSUNG Liga 1 2019 Bali United vs Bhayangkara FC di OChannel, Berikut Linknya

KTNA: Kepemimpinan Menteri Amran Revolusioner

Di tempat itu terlihat masih banyak pengendara yang memarkir kendaraan tidak membayar sesuai dengan tarif yang diberlakukan di terminal parkir elektronik itu.

Ocang, seorang petugas parkir setempat yang ditemui Tribun mengatakan pembayaran tarif parkir di TPE belum maksimal. Karena masih banyak pengendara yang belum memiliki kartu.

"Kalau ada kartunya bisa lewat TPE. Tapi kalau tidak ada bisa membayar sesui tarif yang disediakan  dan nanti dibantu petugas parkir  transfer ke rekening yang disiapkan," sebutnya.

Kendati demikian, ada juga pengendara membayar tidak sesuai tarif parkir yang diatur dalam sistem TPE.  Dimana tarif TPE dihitung perjam sesuai dengan jenis kendaraan.

Misalnya kendaraan bermotor, tarifnya Rp 3.000 perjam. Satu jam berikutnya 3 ribu. Sementara  kendaraan roda empat tarifnya Rp 5 ribu dan truk Rp 7 ribu.
"Kalau bayar dua ribu tetap disetor seperti biasa," ujarnya.

Puluhan kendaraan roda empat parkir di bahu jalan depan Pengadilan Negeri Makassar
Puluhan kendaraan roda empat parkir di bahu jalan depan Pengadilan Negeri Makassar (Hasan Basri/Tribun Timur)

Sebelumnya, Pemkot Makassar meluncurkan 25 unit Terminal Parkir Elektronik (TPE) di Kota Makassar.

TPE ini dipasang di 25 titik dengan rincian 4 titik di Jl RA Kartini, 10 titik di Jl Somba Opu, dan 11 titik di Jl Penghibur.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan Pomanto menuturkan, kehadiran TPE adalah salah satu upaya untuk mendorong pendapatan asli daerah (PAD) melalui PD Parkir Makassar Raya.

Senada disampaikan Dirut PD Parkir Makassar Raya Satriani Ulfiah Mungkasa menjelaskan penggunaan TPE ini adalah pertama di Indonesia Timur.

TPE hadir dinilai  bisa menekan kebocoroan pendapatan daerah  dan mengantisipasi pungli. (*)

Laporan Wartawan TribunBarru.com, @akbar_hs

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Hasan Basri
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved