Berlabuh di Makassar, Personel Kapal Perang Angkatan Laut Australia Lakukan Ini

Kapal Angkatan Laut Australia tiba di Pelabuban Soekarno-Hatta, Makassar, Senin (20/5/2019)

Berlabuh di Makassar, Personel Kapal Perang Angkatan Laut Australia Lakukan Ini
TRIBUN TIMUR/MUSLIMIN EMBA
Berlabuh di Pelabuban Soekarno-Hatta, Makassar, lambung Kapal perang HMAS Succes dicet sejumlah personel Angkatan Laut Australia, Senin (20/5/2019) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sejumlah personel Angkatan Laut Australia melakukan pengecetan lambung Kapal HMAS Succes di Pelabuban Soekarno-Hatta, Makassar, Senin (20/5/2019) siang.

Aksi pengecetan itu dilakukan personel pria dan wanita Angkatan Laut Australia, beberapa jam saat kapal perang pengangkut bahan bakar, makanan dan amunisi itu berlabuh.

Pengecetan dilakukan khususnya pada lambung kapal yang terlibat mulai berkarat.

Baca: Kapal Perang Pengangkut Amunisi Australia Berlabuh di Pelabuhan Makassar, Ini Misinya

Baca: Danlantamal VI Makassar Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111

Baca: Kapolda Sulsel Pimpin Apel Pengawal People Power di Makassar

Kehadiran HMAS Succes di Makassar disambut Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar Richard Mathews dan pihak Lantamal VI Makassar yang diwakili Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Viktor PY Siagian, ST MM.

Dalam keterangan pers Konjen Australia, HMAS Succes merupakan kapal pemasok bahan bakar, makanan, amunisi dan lain-lain kepada unit-unit tempur Angkatan Laut Australia.

Menurutnya, kehadiran HMAS Succes di Makassar merupakan rangkaian kunjungan dari program Indo-Pasific Endeavour 2019 (IPE 19) dalam rangka membangun hubungan yang lebih baik dan memperkuat kerjasama antara Angkatan Laut Australia dan Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) bersama-sama pemerintah setempat.

Selain di Makassar dua kapal perang Australia HMAS Canberra dan HMAS Newcastle juga berlabuh di Jakarta.

Satuan tugas gabungan IPE 19 itu bertolak dari Australia pada bulan Maret dan telah mengunjungi enam negara. Ke enam negara itu, Sri Langka, India, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Singapore.

Richard Mathews mengatakan, kunjungan HMAS Succes ke Makassar penting untuk memperkuat hubungan pertahanan Australia dengan angkatan pertahanan Indonesia di Sulawesi Selatan.

"Kunjungan ini juga memberi kesempatan pada para personel Australia untuk belajar tentang budaya, praktik keagamaan, dan sejarah Makassar. Termasuk hubungan maritimnya yang sudah lama ada dengan masyarakat asli Australia di utara Australia," ujarnya.

Indonesia merupakan negara ketujuh dan terakhir yang dikunjungi sebelum kapal tersebut bertolak kembali ke Australia.

Rencananya, HMAS Sucves bakal berlabuh di dermaga Hatta selatan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar selama tiga hari sebelum bertolak ke Australia.

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

S

A

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved