Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Ada 11 Subspesialisasi Dokter Penyakit Dalam Berdasarkan Keahlian Khusus, Ini Dia

Tahukah Anda, dokter spesialis penyakit dalam juga memiliki subspesialisasi lagi.Agar tidak salah dokter, yuk simak pembagian subspesialisasinya

TRIBUNWIKI: Ada 11 Subspesialisasi Dokter Penyakit Dalam Berdasarkan Keahlian Khusus, Ini Dia
SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI 

Makassar, Tribun - Saat sakit membutuhkan pemeriksaan lebih mendalam, internist atau dokter spesialis penyakit dalam biasanya menjadi rujukan.

Seperti dilansir alodokter.com,  dokter penyakit dalam atau internis adalah dokter yang menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada pasien dewasa dan lansia. Penanganan yang dilakukan mencakup semua organ tubuh bagian dalam.

Gelar dokter spesialis penyakit dalam atau SpPD diberikan kepada dokter yang sudah menempuh dan menyelesaikan Program Pendidikan Spesialisasi Ilmu Penyakit Dalam.

Ilmu penyakit dalam adalah ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa dan lansia, meliputi penyakit-penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia dengan berbagai keluhan dan gejala penyakit.

Tahukah Anda, dokter spesialis penyakit dalam juga memiliki subspesialisasi lagi, yang mendalami berbagai penyakit di organ-organ dalam tubuh?

Secara klinis, bidang ilmu penyakit dalam terbagi dalam beberapa subspesialisasi. Masing-masing dokter subspesialis (Konsultan) penyakit dalam akan menangani penyakit sesuai dengan bidang keilmuannya.

Agar tidak salah dokter, yuk simak pembagian subspesialisasi di dokter penyakit dalam berikut:

1. Alergi-Imunologi Klinik (Sp.PD-KAI)
Dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi dan imunologi memiliki keahlian khusus menangani berbagai penyakit akibat alergi dan gangguan imunitas, antara lain adalah reaksi anafilaksis, asma, rinitis alergi, urtikaria atau biduran, angioedema, dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi, alergi makanan, alergi obat-obatan, penyakit imunologi paru, dan reaksi transplantasi organ (graft versus host response).

2. Nefrologi; Ginjal-Hipertensi (Sp.PD-KGH)
Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal - hipertensi adalah dokter yang khusus menangani masalah kesehatan yang terkait ginjal, tekanan darah tinggi, dan ketidakseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh.

Penyakit yang ditangani meliputi penyakit gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, nefropati diabetik, penyakit glomerular seperti glomerulonefritis, hiperplasia prostat, hipertensi, sindrom nefritik, penyakit ginjal polikistik, infeksi saluran kemih, pielonefritis, dan batu ginjal.

Halaman
123
Penulis: Ina Maharani
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved