19 TPS Gelar PSU, Begini Kata Komisioner KPU Makassar Endang Sari

Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari mengatakan PSU digelar pada 19 TPS, lebih banyak disebabkan persoalan administratif

19 TPS Gelar PSU, Begini Kata Komisioner KPU Makassar Endang Sari
amiruddin/tribun-timur.com
Komisioner KPU Makassar Endang Sari 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemungutan suara ulang atau PSU digelar pada 19 TPS di Kota Makassar, Sabtu (27/4/2019) kemarin.

PSU digelar di Kecamatan Tamalate (10 TPS), Mariso (3 TPS), Panakkukang (2 TPS), Manggala (2 TPS), Biringkanaya (1 TPS), dan Rappocini (1 TPS).

Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari mengatakan PSU digelar pada 19 TPS, lebih banyak disebabkan persoalan administratif pada Pemilu serentak, Rabu, 17 April lalu.

Ada sejumlah warga yang memilih, kata dia, padahal tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Terdapat sejumlah warga yang datang memilih ke TPS, hanya bermodalkan e-KTP. Padahal mereka menggunakan e-KTP luar daerah dan tanpa formulir A5," kata Endang Sari, kepada tribun-timur.com, Minggu (28/4/2019).

Endang Sari menambahkan, hal tersebut turut disebabkan adanya berita hoaks atau kabar bohong yang menyesatkan sebelum pencoblosan.

Kabar hoaks tersebut, menyebutkan ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang mengatakan warga bisa memilih di semua TPS, hanya menggunakan e-KTP.

Warga dan sejumlah penyelenggara pun percaya, bahwa hak pilih warga negara harus dilindungi sehingga diberi kesempatan mencoblos.

"Padahal kami di KPU selalu tekankan, hanya warga yang terdaftar di DPT, DPTb, dan DPK yang bisa memilih. Makanya sesuai amanat UU Pemilu, PSU harus kami laksanakan di 19 TPS di Makassar," ujarnya.

Komisioner KPU yang juga Dosen Fisip Unhas itu, tak menampik penyelenggaraan Pemilu kali ini cukup menguras energi dan tenaga penyelenggara.

Halaman
12
Penulis: Amiruddin
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved