Inilah Si Sayap Terbang, Calon Pengganti Pesawat di Masa Mendatang

Meskipun terlihat sangat modern, konsep sayap terbang sebenarnya telah digagas sejak awal kemunculan teknologi penerbangan

Inilah Si Sayap Terbang, Calon Pengganti Pesawat di Masa Mendatang
handover
Prototipe flying wing atau sayap terbang.(CNN Travel) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kita semua tahu pesawat tidak bisa terbang tanpa sayap. Namun bisakah sayap terbang tanpa bodi atau badan pesawat?

Ternyata prototipe sayap yang dapat terbang tanpa badan pesawat ini telah ditemukan. Bahkan contoh “flying wing” atau “sayap terbang” ini telah dipamerkan di AERO Friedrichshafen, Jerman, pada 11 April lalu.

Pesawat ringan bertipe Horten HX-2 ini telah dikembangkan selama tiga tahun dan tengah menjalani uji terbang. Rentang sayapnya memiliki panjang mencapai 10 meter dengan unjung melengkukung ke atas.

“Sayap terbang” ini memiliki kabin dengan dua kursi munginya dan memiliki panjang hanya sekitar 2 meter. Bernhard Mattlener, direktur pelaksana Horten Aircraft mengatakan bahwa “sayap terbang” diperkirakan memiliki kemampuan terbang lebih cepat dibandingkan pesawat terbang berbadan besar pada umumnya.

"Karena daya tahan aerodinamisnya yang rendah, sayap terbang terbang lebih jauh dan lebih cepat daripada pesawat yang sebanding dengan badan pesawat. Desain badan pesawat membuatnya mudah diadaptasi untuk memasang teknologi propulsi (daya tahan memindahkan barang) baru yang kami perkirakan akan tersedia di masa depan," ujarnya.

Meskipun terlihat sangat modern, konsep sayap terbang sebenarnya telah digagas sejak awal kemunculan teknologi penerbangan. Sebelumnya Hugo Junkers bahkan telah mematenkan konsep sayap terbang nurflugel pada tahun 1910.

Mulai dari
1.
Halaman
Editor: Muh. Irham
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved