Tunggakan BPJS Kesehatan di Makassar Capai Rp 100 Miliar

"Kalau tahun kemarin 1,6 setahun. Sekitar 100 miliar lebih lah yang belum terbayar ke rumah sakit karena yang lain sudah dibayar," katanya.

Tunggakan BPJS Kesehatan di Makassar Capai Rp 100 Miliar
Hasan Basri/Tribun timur
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar acara bertajuk "ngopi bareng", Jumat (29/3/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mempunyai tanggunan utang kepada sejumlah rumah sakit.

Hal itu disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, M Ichwansyah Gani dalam acara bertajuk "ngopi bareng" Jumat (29/03/2019).

Acara ini diadakan di Eureka Casual Dining Jl Topaz Raya, Kecamatan Panakukkang, Makassar dan dihadiri puluhan jurnalis dari berbagai awak media  baik cetak maupun online.

Baca: Garap Pemilih Millenial, KPU Luwu Utara Datangkan Enda dan Onci Ungu

Baca: Update Info JKN-KIS, BPJS Kesehatan Makassar Ngopi Bareng Media

"Hampir semua rumah sakit kami  membayarnya telat 1,5 bulan atau satu bulan satu minggu. Kami baru bisa membayar sampai tanggal jatuh tempo 15 Februari-sekarang," kata M Ichwansyah Gani.

Kendati BPJS Kesehatan kerap terlambat membayar secara jatuh tempo, setiap bulan tetap melakukan  pembayaran kepada rumah sakit.

"Sebagian tanggunan itu sudah BPJS bayarkan sampai tanggal 15 Februari jatuh tempo.  Hanya dibulan berjalan di bulan yang sekarang kami bayarkan baru rata-rata bulan januari. Februari sementara proses verifikasi BPJS dan  tertinggi dibayarkan pada januari," ujarnya.

Ichwansyah belum memastikan berapa total secara rinci tunggakan yang belum dibayarkan kepada rumah sakit hingga 2019.

Namun dari catatan BPJS Kesehatan pada tahun sebelumnya, besar tanggunan yang harus dibayarkan ada sekitar Rp 100 miliar.Tunggakan itu untuk klaim BPJS Kesehatan di 43 rumah sakit.

"Kalau tahun kemarin 1,6 setahun. Sekitar 100 miliar lebih lah yang belum terbayar ke rumah sakit karena yang lain sudah dibayar," katanya.

Tetapi, BPJS sedikit berbangga karena informasi didapatkan dalam waktu April 2019 mendatang, Pemerintah bakal menalangi utangnya ke rumah sakit.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved