KPU Bulukumba Pastikan Ammatoa Terdaftar Dalam DPT

Khusus dalam kawasan adat, kata dia, ada sebanyak tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang disiapkan oleh KPUD.

KPU Bulukumba Pastikan Ammatoa Terdaftar Dalam DPT
firki/tribunbulukumba.com
Ilustrasi: Masyarakat Adat Kajang. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, memastikan masyarakat Adat Kajang yang bermukim di Desa Tana Towa, Kecamatan Kajang, ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPUD Bulukumba, Wawan Kurniawan, yang dikonfirmasi, Jumat (22/3/2019).

Menurut Wawan, jangankan masyarakat adat biasa, bahkan sekelas Ammatoa (pemimpin masyarakat adat Kajang), ia pastikan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Khusus dalam kawasan adat, kata dia, ada sebanyak tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang disiapkan oleh KPUD.

"Disana ada tujuh TPS. Kami pastikan mereka ikut memilih. Sekelas Ammatoa saja itu ada dalam DPT, apalagi masyarakat adat biasa," jelasnya.

Hanya saja, untuk perhitungan suara di wilayah adat, Wawan mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulsel, untuk melakukannya di luar area adat.

Hal tersebut dilakukan, jika proses perhitungan diprediksi berlangsung hingga malam. Pasalnya, tak ada penerangan dalam wilayah Adat Kajang.

Kasubag Humas Bagian Pemberitaan dan Kerjasama Pers Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad, yang dikonfirmasi, juga memastikan proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), sudah dilakukan 100 persen di wilayah adat.

Hal tersebut rampung, kata dia, setelah Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, 'jemput bola' untuk melakukan perekaman, beberapa waktu lalu.

"Seluruh masyarakat adat itu sudah dilakukan perekaman. Dulu Disdukcapil sudah melakukan jemput bola untuk merekam," jelasnya.

Sekadar diketahui, sesuai rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), jumlah DPT di Desa Tana Towa, yakni sebanyak 2.904, dengan jumlah 11 TPS.

Sementara untuk jumlah DPT di Kecamatan Kajang secara keseluruhan, yakni 38.755. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, @arisandifirki

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved