Kesehatan

SR12M, Produk Buatan Dosen UNM yang Punya Banyak Khasiat

UKM ini juga telah mendapat merk dagang dan surat izin dari Dinas Kesehatan Kota Makassar

SR12M, Produk Buatan Dosen UNM yang Punya Banyak Khasiat
Tribun Timur/Nur Fajriani
Dr Mahmudah, Dosen UNM penemu SR12M yang punya banyak khasiat untuk kesehatan 

USAHA Kecil Menengah (UKM) Sari Rempah 12 Mukhlisah (SR12M) berhasilnya mendapatkan sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

UKM ini juga telah mendapat merk dagang dan surat izin dari Dinas Kesehatan Kota Makassar. Sehingga SR12M dinyatakan layak dikonsumsi.

UKM ini berdiri sejak 2018 lalu. Namun sebelum produknya dijajakan, pemiliknya Dr Mahmudah (52) telah mengkosumsinya terlebih dahulu.

Kala itu, dosen Liniguistik di Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menderita sakit saraf terjepit yang mengganggu aktivitasnya.

Setelah mengkonsumsi jamu hasil racikannya, ternyata hasilnya lumayan bagus. “Waktu itu saya tidak langsung jual. Saya sebarluaskan dulu untuk diuji coba bermanfaat atau tidak. Dan ternyata bermanfaat,” kata Dr Mahmudah.

Sejak saat itulah, terbesit niatnya untuk menjual produk hasil racikannya sendiri ke masyarakat sampai sekarang.

Dr Mahmudah menggunakan rempah-rempah pilihan. Bahan yang digunakan seperti, cengkih, jahe merah, kapulaga, kayu manis, kunyit, dan bahan lainnya.

Mahmudah mengaku ide menggabungkan 12 rempah tersebut diperolehnya setelah membaca berbagai literatur.

Khasiat sari rempah, jelas Mahmudah, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mencegah masuknya bakteri, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan dan menstabilkan gula darah dan tekanan darah, menetralkan kolesterol, menurunkan berat badan, asam urat, ginjal, kanker dan penyakit lainnya.

Cara memasaknya cukup unik. SR12M ini dibilas tiga kali sambil berdoa untuk kesembuhan penyakit. Panci kemudian diisi dengan air sebanyak liter dan direbus bersama rempah-rempah tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Sari rempah disajikan hangat dan diminum segelas setelah makan. Lebih nikmat jika ditambahkan gula aren atau madu sesuai selera. Bagi yang berminat untuk mendapatkan produk ini, bisa menghubungi IG: @sari_rempah_12. (*/tribun-timur.com)

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved