303 Turis Kapal Pesiar ‘Serbu’ Makassar, Ini Tempat Wisata Tujuannya

Kapal dengan panjang 220 meter dengan tonase 55.575 gross ton (GT) ini membawa 1.218 penumpang dan 570 orang awak.

303 Turis Kapal Pesiar ‘Serbu’ Makassar, Ini Tempat Wisata Tujuannya
MUH ABDIWAN/TRIBUN TIMUR
ILUSTRASI: Kapal pesiar MS Sea Princess Cruises bersandar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Minggu (24/9/2017). Kapal ini membawa 2030 wisatawan dari berbagai negara 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar akan kedatangan Kapal cruise (pesiar) MS MAASDAM berbendera Belanda, di Pelabuhan Makassar Jl Nusantara Makasar, Sabtu (19/1/2019) pukul 08.00 Wita dengan tujuan utama untuk berwisata.

Kapal dengan panjang 220 meter dengan tonase 55.575 gross ton (GT) ini membawa 1.218 penumpang dan 570 orang awak.

Dari total penumpang, hanya 303 orang yang akan mengikuti paket tur yang ditangani Wira Tour, dengan menggunakan 15 bus berkapasitas 29 seat dan tambahan beberapa mobil sejenis city car.

Rencananya, 303 turis akan menuju beberapa destinasi seperti Benteng Rotterdam, Pasar Terong, Somba Opu, dan Bantimurung.

Sedangkan penumpang lainnya ada yang tinggal di kapal, ada yang turun dan bersantai di terminal penumpang, dan ada juga yang memilih melakukan tur seputar kota tanpa travel, baik sendiri maupun berkelompok.

General Manager Pelabuhan Makassar, Aris Tunru menuturkan, sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan terhadap wisatawan asing di Pelabuhan Makassar, pihaknya menyediakan Cruise Tourist Guidance to Makassar yang menginformasikan tentang profil pelabuhan hingga lokasi berbelanja terbaik.

Selain itu, Pihak PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar juga menyiapkan acara penyambutan berupa tarian tradisional, band akustik, photo corner dengan konsep kampung, serta soft drink gratis.

“Terkait kunjungan cruise ini, sebagaimana kapal lain yang sandar, kami memberikan pelayanan terbaik. Kami pun menampilkan penyambutan sepasang dara daeng dan tarian tradisional seperti Gandrang Bulo, tarian 4 Etnis, Pepe Pepe ri Makka, dan tarian Papua," kata Aris.

Menurut jadwal, tepat pukul 18.00 Wita, MS Maasdam lepas tambat dari dermaga Pelabuhan Makassar dan menuju ke Celukan Bawang, Bali. Sebagai informasi tambahan, Februari nanti akan ada lagi kapal cruise akan mengunjungi Makassar.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved