Siswa JILC Cendrawasih Belajar Jurnalis di Tribun Timur

Siswa JILC Cendrawasih menyambangi Redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/1/2019).

Siswa JILC Cendrawasih Belajar Jurnalis di Tribun Timur
SUKMA
Siswa JILC Cendrawasih menyambangi Redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR--Siswa JILC Cendrawasih menyambangi Redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/1/2019).

Dihadiri 20 siswa menengah pertama dari berbagai sekolah, empat tentor dan diterima langsung oleh Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur, Ronald Ngantung.

Kunjungan ini dalam rangka melihat secara langsung seperti proses penerbitan koran.

Sekaligus belajar seperti apa gambaran dunia jurnalis, tugasnya, cara menulis berita dan lainnya.

Tentor JILC Cabang Cendrawasih, Andi Hermawati mengatakan, kunjungan media ini sesuai dengan materi ajar bahasa Indonesia di tempat bimbel.

"Di tempat bimbel memang ada bahasa Indonesia dan teori mengenai berita, tugas jurnalis dan sebagainya. Maka dari itu mumpung mereka libur di sekolah masing-masing kita ajak mereka ke sini paling tidak teori yang selama ini dijelaskan dapat lebih jelas gambarannya jika melihat langsung prakteknya," katanya.

"Kita juga ingin adik-adik menjadi paham bahwa ini lho ternyata alurnya sehingga terbit menjadi koran. Ternyata prosesnya dari Jurnalis mencari berita di lapangan, membuat berita, mengirim ke editor dan redaktur kemudian di layout lalu tahap terakhir dicetak," lanjutnya.

Perempuan sapaan Ema berharap ke depannya siswa JILC Cendrawasih ini lebih paham dan bisa membedakan berita yang benar dan hoax.

Sementara salah satu siswa JILC, Ainun Nurul Qamariah mengatakan kunjunganini sangat bermanfaat.

"Bermanfaat karena di Tribun Timur saya belajar banyak tentang cara membuat berita di koran, cara menyampaikan berita dari jurnalis ke redaktur hingga bisa sampai ke editor atau redaktur hingga bisa menjadi terbit dicetak dan berita online," tuturnya. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved