Gempa Palu Donggala

Dr Hasrullah: Pilpres Jadi Ancaman Kebangkitan Palu di Masa Pemulihan

"Di masa pemulihan pasca-bencana Palu inilah masa menguji integritas dan keberpihakan Jokowi-JK kepada kemanusiaan.”

Dr Hasrullah: Pilpres Jadi Ancaman Kebangkitan Palu di Masa Pemulihan
TRIBUN TIMUR/ANITA WARDANA
Kepala UPT KKN Unhas, Dr Hasrullah MA 

MAKASSAR, TRIBUN – Masa pemulihan di ibu kota Sulawesi Tengah segera dimulai. Pembangunan kembali infrastrukutur dan suprastruktur akan serentak berjalan mulai Januari 2019.

Hingga dua bulan kedepan, pemerintah daerah dan pusat akan fokus kepada pembangunan sarana dan prasarana publik dan sosial serta hunian sementara.

Masa pemulihan di 4 daerah di kawasan Teluk Palu itu, diperkirakan berlangsung dua hingga tiga tahun, atau hingga 2022.

Baca: BNPB: Transisi Darurat ke Pemulihan Penanganan Gempa di Sulteng Selama Dua Bulan

Namun, diperkirakan kehidupan normal seperti sebelum Jumat (28/9/2018) lalu, di ibu kota provinsi berpenduduk 2,8 juta jiwa itu, bisa lebih cepat.

Syaratnya, pemerintah pusat dan sektor swasta, ikut berperan aktif selama satu tahun masa awal pemulihan, atau hingga 2020, dan kebijakan disana jauh dari intervensi dan kepentingan politik praktis.

Demikian dikemukakan pakar komunikasi politik asal Unhas, Dr Hasrullah, saat dimintai tanggapan terkait, berakhirnya 28 hari masa tanggap dan siaga darurat pasca-trio-bencana alam (gempabumi, tsunami dan likuifaksi) di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Palu bisa bangkit lebih, cepat asalkan kebijakan pemulihannya bersih dari kepentingan politik praktis, misalnya Pipres dan pemilu legislatif April 2019 nanti. Tolong, dahulukan sisi kemanusiaannya, bukan kepentingan politiknya. Inilah masa menguji integritas dan keberpihakan Jokowi-JK” kata Hasrullah.

Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha “Ungu” saat dilantik sebagai Wakil Wali Kota Palu periode 2016-2021, Rabu (17/2/2016). Suami Adelia Wilhelmina ini dilantik Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola di halaman belakang Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jl Sam Ratulangi, Kota Palu.
Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha “Ungu” saat dilantik sebagai Wakil Wali Kota Palu periode 2016-2021, Rabu (17/2/2016). Suami Adelia Wilhelmina ini dilantik Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola di halaman belakang Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jl Sam Ratulangi, Kota Palu. Pasangan ini diusung PAN dan PKB. (ANTARA)

Sebagaimana diketahui, Gubernur Sulteng Longki Djanggola adalah Ketua DPD Partai Gerindra.

Gerindra adalah partai pengusung utama capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasangan ini sekaligus lawan tunggal petahana, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Masa transisi dan awal pemulihan di Sulteng, bertepatan dengan puncak masa kampanye Pilpres dan Pemilu Legislatif.

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Thamzil Thahir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved