Porda Pinrang 2018

Pedagang Suvenir Porda XVI Bisa Raup Rp 10 Juta Sehari

Tu'ing bersama sejumlah rekannya menyediakan suvenir khusus Porda berupa T-Shirt, kemeja Polo, jaket dan aksesoris lainnya.

Pedagang Suvenir Porda XVI Bisa Raup Rp 10 Juta Sehari
alfian/tribun-timur.com
Tu'ing bersama sejumlah rekannya menyediakan suvenir khusus Porda berupa T-Shirt, kemeja Polo, jaket dan aksesoris lainnya. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, PINRANG - Kota Pinrang mendadak sibuk sejak, Minggu (23/9/2018). Lalu lalang kendaraan di Bumi Lasinrang itu pun tak seperti biasanya, penanda adanya kesibukan gelaran event Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Sulawesi Selatan.

Ajang olahraga terbesar di tanah Sulsel itu menyedot sekitar 4.000 atlet dan belasan ribu lainnya official maupun pendukung datang ke kota yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Barat itu.

Alhasil roda perekonomian pun berputar cepat setiap harinya. Di setiap sudut kota bertebaran pedagang yang menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan dan minuman hingga suvenir.

Tak hanya pedagang yang beraktivitas di luar event Porda, banyak pula secara dadakan ikut mengais rezeki. Uniknya, mereka yang berjualan bukan hanya warga asal Pinrang, banyak di antaranya juga datang jauh dari luar Pinrang.

Para pedagang suvenir Porda misalnya, di dominasi oleh pedagang asal Jakarta dan Pulau Jawa lainnya. Salah satunya yakni Tu'ing yang membuka lapakan di dua lokasi sekaligus.

Tu'ing bersama sejumlah rekannya menyediakan suvenir khusus Porda berupa T-Shirt, kemeja Polo, jaket dan aksesoris lainnya. Saat ditemui di sekitaran Venue Judo Gedung PKK Pinrang, Tu'ing tengah menawarkan barang dagangannya.

Untuk selembar T-Shirt bermotif Khas Porda Pinrang seharga Rp 50 ribu. Sedangkan kemeja jenis polo seharga Rp 70 ribu.

Pria asal Jakarta itu menuturkan bahwa dirinya nekat datang ke Pinrang lantaran keuntungan yang menjanjikan. Seharinya Tu'ing bisa memperoleh omset penjualan lebih dari Rp 10 juta.

"Memang kami sering berjualan kalau ada event olahraga besar seperti ini, khusus di Pinrang ini saya bisa dapat Rp 10 juta per harinya," tuturnya saat ditemui, Rabu (26/9/2018).

Penyelenggaraan Porda XVI Sulsel di Pinrang ini berlangsung selama delapan hari. Penutupan rencananya akan berlangsung, Minggu (30/9/2018).(*)

Penulis: Alfian
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved