KPU Selayar Ajak Siswa SMKN 3 Jadi Pemilih Cerdas

Ia menambahkan bahwa KPU Selayar juga mensosialisasikan terkait pemilih yang akan melakukan pindah memilih sesuai syarat pindah memilih.

KPU Selayar Ajak Siswa SMKN 3 Jadi Pemilih Cerdas
nurwahidah/tribunselayar.com
Komisi Pemilhan Umum ( KPU) Selayar menggelar sosialisasi pemilihan umum tahun 2019 di SMKN 3 Selayar, Kepulauan Selayar (Sulsel), Rabu (5/9/2018). 

Laporan Wartawan  TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Komisi Pemilhan Umum ( KPU) Selayar menggelar sosialisasi pemilihan umum tahun 2019 di SMKN 3 Selayar, Kepulauan Selayar (Sulsel), Rabu (5/9/2018).

Komisioner KPU Selayar Andi Nastuti  mengatakan ada  57 siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi. Tujuan  sosialisasi dengan mendatangi Sekolah- sekolah menengah atas yakni menghasilkan pemilih pemula yang cerdas berdemokrasi dan memahami demokrasi, kritis terhadap praktek demokrasi,

"Dengan potensi jumlah pemilih pemula atau yang berumur 17 tahun 2020 jiwa untuk Kabupaten  Selayar dapat memberikan pemahaman bagaimana menjadi pemilih cerdas. Pemilih cerdas berdemokrasi adalah ketika pemilih memahami demokratis, kritis terhadap praktek demokrasi, dan terampil dalam memperjuangkan kepentingan politik publik," kata Andi Nastuti.

Ia menambahkan bahwa KPU Selayar  juga mensosialisasikan terkait pemilih yang akan melakukan pindah memilih sesuai syarat pindah memilih.

"Syarat untuk pindah memilih seperti  menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain, menjalani rawat inap di Rumah Sakit, atau Puskesmas dan keluarga  yang mendampingi  menjadi  tahanan di Rumah tahanan, tugas belajar/menempuh pendidikan menengah dan  tertimpa bencana alam," tuturnya.

Ia berharap semoga  siswa yang akan berumur 17 tahun pada hari pemilihan memiliki kesadaran untuk menghubungi Capil dan melakukan perekaman, mendapatkan KTP Elektronik  sehingga bisa menggunakan hak pilihnya,

"Selain itu harapan yang sangat besar terhadap pemilih pemula agar berpartisipasi aktif untuk bersikap atas praktik pemilu," ungkapnya.

Penulis: Nurwahidah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved