KM Kendhaga Nusantara 11 Buatan PT IKI Makassar Jalani Sea Trial, Ini Hasilnya?

KM Kendhaga Nusantara ini adalah kapal kontainer yang dibangun untuk kebutuhan Program Tol Laut.

KM Kendhaga Nusantara 11 Buatan PT IKI Makassar Jalani Sea Trial, Ini Hasilnya? - 20180712_kendhaga_nusantara_11_20180714_020102.jpg
handover
Galangan Kapal PT (Persero) Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar saat melakukan sea trial atau proses uji melaut dari KM Kendhaga Nusantara 11, di perairan Selat Makassar, Kamis (12/7/2018).
KM Kendhaga Nusantara 11 Buatan PT IKI Makassar Jalani Sea Trial, Ini Hasilnya? - 20180712_kendhaga_nusantara_11_a_20180714_015940.jpg
handover
Suasana di anjungan kemudi saat sea trial atau proses uji melaut dari KM Kendhaga Nusantara 11 yang dilakukan Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar di perairan Selat Makassar, Kamis (12/7/2018).

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kapal Kontainer milik Pemerintah RI yang dibangun di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Makassar KM Kendhaga Nusantara 11, menjalani sea trial atau proses uji melaut, Kamis (12/7/2018).

Sea Trial dilepas Dirut PT IKI Makassar Ir Edy Widarto yang diawali dengan Safety Induction oleh Direktur Operasi H Ahril Abdullah. Uji melaut KM Kendhaga Nusantara 11 dilakukan di perairan Selat Makassar, mulai pukul 08.30 - 21.30 Wita.

Baca: Wow, Harga Kapal Patroli Bekangdam XVI Pattimura Buatan PT IKI Ini Hampir Rp 1 M

Baca: PT IKI Dukung Kapal Berlayar Wajib Tersertifikasi

Proses sea trial dipimpin oleh General Manager Produksi PT IKI Makassar Ir Abdul Wahab yang juga penanggung jawab pembangunan pembangunan kapal baru di galangan PT IKI Makassar.

PT Industri Kapal Indonesia (IKI) meluncurkan KM Kendhana Nusantara II NB 186 sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan sarana dan fasilitas galangan kapal di Makassar, Minggu (29/10/2017). Peluncuran kapal dan `ground breaking` sarana dan fasilitas galangan kapal itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 PT IKI.
PT Industri Kapal Indonesia (IKI) meluncurkan KM Kendhana Nusantara II NB 186 sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan sarana dan fasilitas galangan kapal di Makassar, Minggu (29/10/2017). Peluncuran kapal dan `ground breaking` sarana dan fasilitas galangan kapal itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 PT IKI. (TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)

“Kapal kontainer pesanan Pemerintah RI ini dibangun dua unit, yaitu KM Kendhaga Nusantara 2 yang sudah rampung dan KM Kendhaga Nusantara 11 yang masih menjalani beberapa percobaan untuk menentukan kapal tersebut laik laut atau tindak,” ujar Wahab.

KM Kendhaga Nusantara ini adalah kapal kontainer yang dibangun untuk kebutuhan Program Tol Laut. Pembangunan KM Kendhaga Nusantara di PT IKI dimulai dengan peletakan lunas atau keel laying pada Desember 2015 lalu.

Baca: PT IKI-Alfamart Serahkan 100 Pasang Sepatu ke Pondok Pesantren At Athahiriyah Gowa

Baca: Kapal Patroli KMC V.40 Buatan PT IKI Lulus Uji Coba Awal

Kapal dengan panjang total 74,05 meter tersebut, adalah kapal jenis kontainer yang memiliki kapasitas muat hingga 100 TEUS (twenty-foot equivalent unit), satuan kapasitas kargo untuk kapasitas peti kemas.

Diselesaikan 2 Tahun

“Program pembangunan dua unit kapal ini memakan estimasi penyelesaian untuk dua tahun. Kapal ini akan diserahkan ke pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan,” lanjut alumni Teknik Perkapalan Unhas angkatan 1983 ini.

KM Kendhaga Nusantara 2 yang sudah siap diluncurkan di galangan PT IKI Makassar, Kamis (24/8/2017)
KM Kendhaga Nusantara 2 yang sudah siap diluncurkan di galangan PT IKI Makassar, Kamis (24/8/2017) (handover)

Pada acara sea trial tersebut dihadiri Team Perhubungan Pusat (Satker dan Team Teknis ), Team Konsultan Pengawas, Team Surveyor BKI dan unit non class BKI, Team Marine Surveyor dari Syahbandar, dan Team Enginering PT IKI serta crew.

Baca: Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim AMI di Galangan PT IKI

Baca: PT IKI Jadi Pusat Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Sulsel

Diikutkan pula dalam percobaan pelayaran tersebut, mahasiswa yang tengah praktik di PT IKI dari Teknik Perkapalan Unhas, ITS, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), serta Teknik Mesin UNM.

Halaman
123
Penulis: Arif Fuddin Usman
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved