Citizen Reporter

Supervisor KKN Unhas Wajib Tersertifikasi

Juga diharapkan mampu menjadi mitra diskusi mahasiswa sehingga peserta KKN memilki motivasi yang mumpuni dalam berkkn.

Supervisor KKN Unhas Wajib Tersertifikasi
Citizen Reporter
Pelaksanaan Desain Pra TOT hasil kerjasama P2KKN Unhas dan Lembaga Kajian dan Pengembangan Universitas Hasanuddin Ahad (24/6/2018) di Gedung LKPP Unhas. 

Citizen Reporter, M Dahlan Abubakar, Supervisor KKN Unhas melaporkan dari Makassar.

Kepala Pusat Pengelolaan Kuliah kerja Nyata Universitas Hasanuddin Dr Hasrullah MA menegaskan setiap supervisor yang mendampingi dan menjadi pembimbing lapangan pada pelaksanaan KKN gelombang 99 ini wajib tersertefikasi.

Sertifikasi ini penting agar supervisor memahami kondisi lapangan pelaksanaan KKN.

Supervisor yang tersertifikasi juga diharapkan mampu menjadi mitra diskusi mahasiswa sehingga peserta KKN memilki motivasi yang mumpuni dalam berkkn.

Sertifikasi ini bisa dikatakan Surat Izin menjadi supervisor KKN Unhas.

Hasrullah menegaskan itu, saat memaparkan materi pada pelaksanaan Desain Pra TOT hasil kerjasama P2KKN Unhas dan Lembaga Kajian dan Pengembangan Universitas Hasanuddin Ahad (24/6/2018) di Gedung LKPP Unhas. Kegiatan ini menghadirkan seluruh supervisor yang akan bertugas pada KKN gelombang 99 ini.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas Prof. Dr Laode Asrul. Dalam sambutannya dosen pertanian ini menjelaskan pentingnya pemahaman yang komprehensif
tentang KKN. Pemahaman itu dapat diperkuat melalui kegiatan ini.

Materi berikutnya dipaparkan oleh Prof Dr. Elly Wahyuddin, DEA Kepala LKPP Unhas. Mantan Dekan Farmasi Unhas ini menekankan fungsi KKN yang merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang menempatkan KKN memiliki capaian pembelajaran yang salah satu di antaranya adalah karakter problem solver.

‘’Hal ini yang menjadi titik tekan yang harus disamakan semuastakeholder KKN Unhas,’’ ujar Elly Wahyuddin.

Imran Arief, S.H.m M.H. yang juga mantan Kepala UPT KKN Unhas menekankan filosofi KKN yang bertumpu pada pengintegrasian penelitian pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Prof Dr Ir. Nazaruddin Salam, MT, mantan Wakil Rektor III Unhas yang kini menjabat Sekretaris Unhas menekankan, semangat motivasi yang harus dicontohkan supervisor kepada mahasiswa sehingga mahasiswa
menjiwai dan mendapatkan pelajaran yang berharga dari KKN.

Hal Senada dikatakan Supervisor KKN Unhas dari Fakultas Hukum Prof Dr.Hamzah Halim, S.H. MH yang melihat kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan P2KKN dalam mengusung inovasi dan perubahan bagi
masyarakat. Prasyarat itu tentu saja harus dimulai dari supervisor yang memiliki pengetahuan serta pemahaman yang memadai dalam penyelenggaraan KKN.

‘’Pemahaman itu hanya bisa terjaga ketika motivasi Supervisor juga hadir sebagai ruh dalam mendampingi mahasiswa,’’ ujarnya..

Sekretaris P2KKN Unhas Syamsuddin Amin tampil sebagai pemateri terakhir yang menyampaikan pedoman pelaksanaan KKN gelombang 99.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved