Penggunaan Uang Kartal di Sulsel Capai 1,24 T pada Momen Natal dan Tahun Baru

Transaksi tunai (uang kartal) meningkat dibandingkan bulan sebelumnya di Sulsel

Penggunaan Uang Kartal di Sulsel Capai 1,24 T pada Momen Natal dan Tahun Baru
MUH ABDIWAN
Suasana penukaran uang di lapangan karebosi Makassar, Jumat (9/6). Mengantisipasi kebutuhan uang kartal yang meningkat di bulan puasa dan Idulfitri, Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan dan instansi terkait menyediakan loket penukaran uang yang buka senin-jumat hingga tanggal 25 juni mendatang. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Transaksi tunai (uang kartal) meningkat dibandingkan bulan sebelumnya di Sulsel

Pada Desember, transaksi tunai (uang kartal) keluar Bank Indonesia tercatat sebesar Rp 1,24 triliiun meningkat 170% month to month (mtm) dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 460 miliar.

Kepala Kantor Perwakilan (KP) Bank Indonesia (BI) Sulsel, Bambang Kusmiarso belum lama ini menuturkan, sebaliknya jumlah uang kartal yang masuk atau cash inflow tercatat sebesar Rp 690 miliar, menurun 49,5 persen (mtm).

"Dari bulan sebelumnya yang tercatat Rp 1,36 triliun, sehingga terjadi net outflow sebesar Rp 550 miliar," kata Bambang.

Posisi net outflow tersebut disebabkan adanya kebutuhan uang tunai yang meningkat pada akhir tahun yang antara lain digunakan dunia usaha untuk pembayaran tagihan, pembayaran gaji karyawan.

"Tentunya digunakan secara retail oleh masyarakat untuk transaksi sejalan dengan adanyanhari raya keagamaan, akhir tahun dan liburan," katanya.

Terkait realisasi pemenuhan uang kartal untuk Natal dan Tahun Baru tercatat sebesar Rp 1,94 triliun, meningkat dari realisasi tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 1,92 triliun. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved