Penerimaan Mahasiswa Baru 2017

Sosialisasi SNMPTN, Unhas Undang Siswa dan Kepala Sekolah

Pemeringkatan siswa yang terpilih berdasarkan persentase itu dilakukan Panitia Pusat SNMPTN secara sistem.

Sosialisasi SNMPTN, Unhas Undang Siswa dan Kepala Sekolah
HANDOVER
Sosialisasi SNMPTN/SBMPTN di Gedung Iptek Unhas, Kamis (26/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka sejak 14 Januari 2017 dan berakhir 10 Februari 2017.

Anggota Tim Sosialisasi SNMPTN, Dr Yusawir Hala mengatakan pengisian data tersebut hendaknya dilakukan sejak awal dan jangan sampai dilakukan pada saat-saat akhir periode pengisian.

"Jangan tanya kapan terakhir, isi mulai dari sekarang," kata Yusawir Hala, di depan para guru dan siswa SMU, SMK, dan MA se-Kota Makassar pada acara Sosialisasi SNMPTN/SBMPTN di Gedung Iptek Unhas, Kamis (26/1/2017).

Yusawir Hala mengingatkan, seluruh data yang diisi oleh Kepala Sekolah harus benar dan valid. Jangan sampai ada nilai rapor yang keliru, sebab bisa menyusahkan pada saat registrasi ulang ketika peserta dinyatakan diterima di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN).

"Pada waktu yang lalu ada data siswa yang tertukar ketika mendaftar ulang setelah dinyatakan lulus. Calon tersebut akhirnya ditolak," ungkapnya memberikan contoh.

Setelah pengisian PDSS, para siswa harus memverifikasi nilai yang dilakukan tanggal 15 Januari hingga 12 Februari 2017 dan pemeringkatan akan dilakukan oleh sistem. Para siswa baru bisa mendaftar pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2017.

Yuswair Hala mengatakan, pada tahun 2017, PDSS menyiapkan panduan di sistem yang bisa dilihat, diunduh, dan dicetak. Setiap sekolah harus terdaftar di PDSS agar kelak para siswanya dapat mendaftar di SNMPTN.

Persentase siswa yang boleh mendaftar di SNMPTN diatur sebagai berikut, sekolah dengan Akreditasi A memperoleh porsi 50 persen terbaik di sekolahnya, Akreditasi B 30 persen, Akreditasi C 10 persen dan akreditasi lainnya 5 persen terbaik di sekolahnya.

Pemeringkatan siswa yang terpilih berdasarkan persentase itu dilakukan Panitia Pusat SNMPTN secara sistem.

Halaman
12
Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved