CITIZEN REPORTER

Wagub dan Ka Kanwil Sepakat Tindak Tegas Travel Haji Umrah Nakal

Kakanwil mengingatkan kepada seluruh Pelaksana Haji dan Umrah agar tetap berpegang pada Prinsip 5 Pasti

Wagub dan Ka Kanwil Sepakat Tindak Tegas Travel Haji Umrah Nakal
CITIZEN REPORTER
Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang dan Ka Kanwil Kemenag Sulsel Abd Wahid Thahir menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah AMPHURI Sulawesi di Hotel Sheraton Four points Makassar, Kamis (19/1/2017). 

Citizen Reporter, Mawardy Wardy Siradj, Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM -Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang dan Ka Kanwil Kemenag Sulsel Abd Wahid Thahir menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah AMPHURI Sulawesi di Hotel Sheraton Four points Makassar, Kamis (19/1/2017).

Dalam sambutannya, Ka.Kanwil Kemenag Sulsel mengusulkan sebuah pertemuan khusus oleh sejumlah fihak seperti Pemprov, DPRD Prov, Kanwil Kemenag Sulsel, Asosiasi Biro perjalanan Haji Dan Umrah, Imigrasi, OJK, Kepolisian dan sebagainya. 

Hal ini untuk membahas sejumlah persoalan dan merumuskan formulasi terbaik terkait Penyelenggaraan dan Pelayanan Haji dan Umrah khususnya di Sulsel yang menurut data merupakan provinsi yang terbanyak jemaah Haji dan umrahnya di Indonesia.

Selain itu, Kakanwil mengingatkan kepada seluruh Pelaksana Haji dan Umrah agar tetap berpegang pada Prinsip 5 Pasti, dan ini harus disosialisasikan massif ke masyarakat dan umat Islam agar terhindar dari segala kemungkinan buruk yang sering muncul di seputar pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah. 

"Dan bilamana masih ada Travel yang main main dan nakal nakal, kami sarankan kepada aparat hukum untuk menindak tegas travel dan pemiliknya," kata Ka Kanwil.

Wakil Gubernur Sulsel H. Agus Arifin Nu'mang menyampaikan bahwa pertanggal 18 Januari 2017 jumlah pendaftar Haji reguler di sulsel berada di angka 108.600 orang.

Belum lagi jumlah peminat Ibadah Umrah di Sulsel yg rata2 5000 jemaah perbulan. Olehnya itu melalui Pemprov dan Kemenag, Wakil Gubernur Sulsel mendorong penempatan Konsulat Jenderal Kerajaan Saudi Arabia di Makassar karena penerbangan langsung internasional ke Saudi Arabia sudah ada, dan ini harus terus didorong.

Ibaratnya, Handphone saja mau dicash, apalagi Hati / Qalbu yg salah satu tempat yg pas untuk itu adalah Baitullah dan melalui Ibadah Haji dan Umrah.

Olehnya itu, peluang ini kadang dimanfaatkan oleh fihak yang tidak bertanggung jawab yang endingnya banyak merugikan dan meresahkan umat.

Terkait maraknya Travel penyelenggara Haji dan Umrah yang nakal dan abal abal, Wagub Sulsel dua periode ini meminta u untuk ditindak tegas saja, jangan beri ampun dan peluang lagi, Ngurus Tamu Allah saja pake menipu, apalagi yang lain, Sindir Beliau.

Wagub punya obsesi dan berharap Sulsel menjadi provinsi yang terbaik dalam hal penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di Indonesia bahkan di Dunia.

"Dan ini bisa kita wujudkan bilamana seluruh pihak bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan baik serta saling mendukung, tentunya tetap berada pada jalur yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah," harapnya. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved